Banjir Jawa Tengah, Berkah Nelayan Tuban

kotatuban.com– Banjir yang terjadi di Jawa Tengah membawa berkah bagi nelayan Tuban. Mereka panen bandeng yang diduga hanyut bersama banjir dari Jawa Tengah.

Sejak tiga hari terakhir sejumlah nelayan memanfaatkan moment yang bisa dibilang langka, karena mereka mendapati ikan bandeng yang kondisinya sudah lemah di perairan pantai. Hasilnya cukup menggembirakan. Para nelayan setiap harinya bisa mendapatkan 30 hingga 60 kilo ikan bandeng dengan berbagai ukuran.

Nelayan Tuban dapat berkah bandeng kiriman dari Jawa Tengah
Nelayan Tuban dapat berkah bandeng kiriman dari Jawa Tengah

“Hari pertama saya menjaring dapat 60 kilo, dan kemaren dapat sekitar 35 kilo,” ujar Edi Mulyono (35), nelayan warga Kelurahan Kingking Tuban, Kamis (30/1).

Menurut Edi ikan yang terdampar di perairan laut tuban itu diduga berasal dari tambak di Jawa Tengah yang  terhempas banjir. “Gelombangnya kan arahnya ke timur, jadi terbawa sampai sini,” kata Edy.

Selama tiga hari terahir,  nelayan Kabupaten Tuban yang tidak berani melaut sangat diuntungkan dengan adanya ikan tawar berbagai jenis yang terdampar di perairan pantai tersebut.

Tidak hanya di wilayah pesisir pantai Karangsari, sejumlah nelayan yang berada di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban juga ikut menikmati Ikan bandeng yang terbawa arus banjir. Bahkan warga biasa yang bukan nelayan juga ikut mencari ikan yang sudah lemas itu menggunakan jaring kecil (serok). ” Dapat banyak, ini tadi ikut teman-teman katanya banyak ikan bandeng, dan ternyata benar,” kata Said, warga Sekardadi, Jenu. (kim)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.