BPBD Latih Masyarakat Jadi Relawan Bencana

Relawan bencana tengah berlatih
Relawan bencana tengah berlatih

kotatuban.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, mengadakan latihan relawan bencana alam, Rabu (04/06). Pelatihan tersebut diadakan selama dua hari 4-5 Juni. Pelatihan tersebut bertempat di kawasan Mangroove Center Tuban (MCT), Desa Jenu, Kecamatan Jenu, Kabupaten.

”Pelatihan relawan penanggulangan bencana alam ini akan kami adakan selama dua hari,” jelas Kepala BPBD Kabupaten Tuban, Joko Ludiyono saat dikonfirmasi kotatuban.com.

Menurutnya, peserta pelatihan tersebut terdiri dari beragam unsur. Mulai dari unsur perss, pramuka, mahasiswa, perwakilan dari 20 kecamatan, juga melibatkan perwakilan dari sejumlah desa tangguh yang ada di Kabupaten Tuban. ”Ini dari setiap kecamatan ada perwakilannya, kami harapkan ini menjadi embrio relawan disetiap kecamatan,” tandasnya.

Joko berharap, dengan adanya pelatihan yang diikuti dari beragam unsur ini, dapat membantu BPBD ke depan dalam penanganan bencana. Selain itu, dia berharap, kelak peserta dapat membantu memetakan potensi bencana yang ada di daerah masing-masing. ”Kedepan kita berharap para peserta ini minimal dapat memberikan informasi ketika didaerahnya terjadi bencana,” lanjut Joko.

Lebih lanjut, Joko mengatakan, beberapa materi disampaikan kepada calon relawan bencana. Meliputi latihan dasar Search and Rescue (SAR), penyiapan dapur umum dan pemenuhan gizi korban bencana, sistem penanggulangan bencana, peran BPBD dalam penanggulangan bencana, dan juga akan dilakukan bhakti relawan dihari terakhir. ”Termasuk juga teknik-teknik identivikasi (warning) untuk penyelamatan dan pertolongan korban,” pungkasnya. (duc)

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.