Bupati Lantik Dua Kades Lagi

kotatuban.com-Bupati Kembali melantik dua kepala desa lagi, yakni, Ahmad Hadi, sebagai Kepala Desa Simo, Kecamatan Soko dan Kepala Desa Kumpulrejo, Kecamatan Bangilan atas nama Ahmad Ihsan. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan Bupati Tuban Fathul Huda, di gedung Korpri, komplek Pendopo Krido Manunggal, Tuban, Kamis (7/2).

Bupati Fathul Huda saat melantik dua kepala desa
Bupati Fathul Huda saat melantik dua kepala desa

Pelantikan ini menyusul atas kemenangan gugatan  Ahmad Hadi, di PTUN. Sedangkan Kades Kumpulrejo karena proses pemilihan kepala desa yang terlambat.

Menurut Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat,  Pemerintah Desa dan Keluarga Berencana (Bapemas, Pemdes dan KB) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, Mahmudi, pelantikan baru bisa dilakukan, karena menunggu surat keputusan PTUN.

“Keterlambatan ini, karena sengketa pilkades Simo baru diputus PTUN. Smentara Desa Kumpulrejo memang proses pemilihanya yang terlambat atau baru dilaksanakan pada Desember kemarin,” kata Mahmudi.

Sebelumnya, dalam proses pemilihan Kades Simo, dilakukan serentak dengan desa-desa lain pada Juli 2013. Namun, karena ada sengketa pilkades sehingga penyelesaiannya sampai di PTUN.

Dengan dilantiknya dua desa tersebut, saat ini masih ada belasan desa yang masih belum memiliki kepala desa baru, beberapa masih dipegang oleh pemegang jabatan (PLT) kepala desa. Sementara lainya masih belum seesai atau masa jabatanya belum berahir.

”Setelah dua yang baru ini masih ada sisa sekita sebelas desa,  beberapa diantaranya menmang sudah selesai dan sekarang dipegang PLT, sementara lainya masih belum selesai masa jabatanya,”  jelas Mahmudi.

Sementara itu, Bupati Tuban dalam sambutanya berpesan kepala dua kepala desa yang baru dilantik, untuk menjadi pemimpin yang baik dan berlaku adil, melaksanakan tugas pemerintahan dengan mengutamakan kemitraan bersama Badan Permusyawaratan Desa  (BPD)  maupu perangkat desa lainya guna mensukseskan penyelenggaraan pemerintah desa.

“Kepla desa dalam melaksanakan tugas, tidak lepas dengan masyarakat, dan perangkat desa lainya, untuk itu kades harus mampu mengembangkan kemitraan yang baik antara masyarakan dan penyelenggara pemerintahan desa. (kim)

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.