Cari Barang Berbahaya, Kamar Penghuni Lapas Tuban Digeledah

kotatuban.com – Kamar yang dihuni oleh ratusan narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Tuban digledah petugas lapas setempat. Penggeledahan tempat hunian warga binaan tersebut langsung dipimpin oleh Kepala Lapas, RB Danang Yudiawan, Senin (05/02).

Pantauan kotatuban.com dilapangan, petugas menyisir ruangan nara pidana (napi) laki-laki di blok B1, B2, B3, B4, B5, B6, B7 dan B8. Sedangkan, di ruang tahanan perempuan petugas memeriksa Blok W bagian A, B dan C. Satu persatu para napi disuruh berjajar baris dan diperiksa satu persatu. Kemudian, ruangan dan barang bawaan milik napi juga turut diperiksa secara detail.

Kepala Lapas Kelas II B Tuban, RB Danang Yudiawan seusasi melakukan penggeledahan mengungkapkan, operasi ini merupakan kegiatan insidental yang dilakukan petugas lapas demi menjaga ketertiban dan keamanaan. Dalam operasi itu semua nara pidana diperiksa. Selain itu, ruangan tempat istirahat dan barang bawaan para napi juga turut diperiksa.

”Razia ini untuk memastikan kehidupan dalam lapas sejalan dengan aturan dan arahan pimpinan, utamanya melihat adakah barang yang disusupkan di kamar warga binaan. Baik itu barang yang membahayakan atau yang dilarang seperti ponsel, pisau, dan lain sebagainya. Selain itu, razia ini juga untuk mencegah masuknya narkoba kedalam lapas,” kata Danang

Dalam razia tersebut sipir lapas tidak menemukan barang berbahaya yang dimaksud, seperti senjata tajam dan narkoba. Akan tetapi petugas mengamankan sejumlah barang milik penghuni lapas yang berpotensi bahaya, seperti sendok, paku dan benda berbahan logam lainya.

”Hasilnya kita lihat bersama tidak ditemukan barang melanggar hukum seperti narkoba dan sejenisnya. Tadi ada beberapa barang yang kita amankan untuk pencegahan saja, seperti sendok berbahan logam dan paku,” katanya

Menurutnya, kegiatan penggledahan secara mendadak itu akan dilakukan rutin untuk mamastikan tidak ada pelanggaran dalam lembaga pemasyarakatan. Disamping itu penggleledahan juga bentuk proteksi untuk memastikan kondisi dalam lingkungan penjara kondusif.

”Semua kami periksa, kamar satu persatu didatangi petugas. Dan hasilnya aman. Meskipun hari ini tidak membuahkan hasil, tetapi kami mengimbau kepada warga binaan agar selalu menjaga kebersihan, dan keamanan,” tandasnya.

Kalapas juga memastikan pemeriksaan seperti ini akan terus dilakukan oleh petugas. Hal ini bertujuan menciptakan suasana yang aman dan tertib di lingkungan Lapas. Dan bagi warga binaan yang diketahui  melanggar ketentuan yang ada akan diberi sangsi.

”Kegiatan seperti ini akan dilakukan terus menerus dan waktu secara mendadak dan tidak terjaduwal, hal ini dilakukan untuk menciptakan ketertiban,” pungkasnya. (duc)

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.