Cuaca Buruk Nelayan Tuban Tak Melaut

Perahu nelayan saat diparkir di pinggir laut
Perahu nelayan saat diparkir di pinggir laut

kotatuban.com-Air laut pasang dan ombak tinggi yang terjadi di laut utara Kabupatan Tuban, membuat sebagian besar  berhenti melaut demi alasan keamanan. Para nelayan hanya menunggu, sampai kondisi laut membaik dengan memperbaiki jaring maupun melakukan perawatan terhadap perahu mereka.

Menurut Kasmindar (40), nelayan warga Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kota, Tuban, ombak setinggi hingga dua meter  dan laut pasang  sudah terjadi sejak awal pekan lalu, dan semakin parah selama lima hari terahir. Angin dari arah timur atau yang akrab disebut para nelayan  angin timuran, mambuat ombak laut cukup berbahaya bagi nelayan yang hanya memiliki perahu kecil untuk melaut. Sehingga, para nelayan terpaksa tidak berani melaut.

“Ya terpaksa mas, sebenarnya ya gak mau libur, nanti makan apa,” kata Kusmindar.

Kusmindar menjelaskan, dibanding dengan angin barat (Baratan) angin timuran masih lebih mending. Sebab angin yang bertiup dari arah timur tersebut tidak terlalu lama. Paling lama seminggu angin biasanya sudah membaik dan para nelayan dapat kembali mencari ikan dilaut, meski kondisi laut sewaktu-waktu dapat kembali memburuk.

” Lumayan mas, kalau musim baratan malah parah, satu bulan penuh biasanya nelayan gak melaut, kalau anhin seperti ini paling seminggu, terus reda,” jelasnya.

Jika tidak melaut seperti saat ini, para nelayan tidak memiliki penghasilan. Sebab, penghasilan nelayan satu-satunya adalah dari mencari ikan di laut.

” Soalnya gak ada kerjaan lain, cuman nganggur, paling kalau ada kegiatan ya memperbaiki perahu, “ tandasnya. (kim)

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.