Cuaca Membaik, Nelayan Kembali Beraktivitas

kotatuban.com – Perairan laut utara di Kabupaten Tuban sejak beberapa pekan yang lalu sudah mulai normal kembali. Hal ini membuat para nelayan yang ada di Tuban bersyukur. Pasalnya, dengan normalnya gelombang air laut nelayan dapat beraktivitas kembali seperti sediakala.

Nelayan mulai beraktivitas
Nelayan mulai beraktivitas

Di sejumlah pantai yang ada di Tuban, sudah tidak begitu banyak lagi perahu nelayan yang berjejer. Pemandangan ini tampak berbeda dengan beberapa bulan lalu, dimana banyak ditemukan deretan perahu nelayan yang hanya ditambatkan ketika ombak besar menerjang laut utara. ”Sekarang sudah mulai melaut lagi, karena ombaknya sudah tidak terlalu besar,” terang Syahroni (28), salah satu pengurus Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Desa Palang, Kecamatan Palang.

Menurutnya, kalau nelayan sudah mulai berani melaut lagi sejak seminggu terakhir. Mereka merasa kondisi ombak dan angin tidak sebesar beberapa bulan yang lalu. Meski begitu, aktivitas nelayan masih belum sepenuhnya normal. Hal ini dikarenakan masih ada beberapa nelayan yang masih takut cuaca berubah, dan juga masih ada yang melakukan perbaikan perahu dan alat tangkap. ”Cuaca masih sering berubah-rubah, sulit dipridiksi. Sehingga, saat melaut juga belum berani sampai jauh,” terangnya.

Sebelumnya, sudah sekitar dua bulan yang lalu nelayan yang berada di pesisir laut utara tidak berani melaut. Hal ini akibat adanya ombak besar dan angin kencang yang ada di laut utara, sehingga nelayan Tuban tidak berani melaut. (duc)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.