Cuaca Membaik Nelayan Mulai Melaut

kotatuban.com-Nelayan sepanjang pesisir pantai utara Kabupaten Tuban kembali melaut, menyusul kondisi cuaca dan laut yang mulai membaik. Ombak yang sudah tidak  besar membuat nelayan memberanikan diri untuk melaut. Sebab, nelayan sudah hampir sebulan tidak berani melaut, karena ganasnya ombak di pantai utara Laut Jawa.

Nelayan mulai berani melaut
Nelayan mulai berani melaut

“Alhamdulillah, sudah 3 hari ini kembali melaut. Mudah-mudahan cuaca terus membaik,” ujar Alwi, warga Dusun Meduran, Desa Beji, Jenu, Tuban, Sabtu (8/2).

Menurut Alwi, selama tidak melaut warga hanya mengandalkan simpanan di rumah, dan berhemat agar tabungan bisa bertahan sampai cuaca membaik. Untuk menutup kebutuhan hidup sesekali warga nekat melaut jika merasa angin atau ombak tidak terlalu besar. Itupun nelayan tidak pasti dapat tangkapan, sebab di tengah laut cuaca bisa cepat berubah. Kadang angin, kadang juga hujan yang membuat nelayan terpaksa kembali meski belum mendapatkan tangkapan ikan.

Diakui Alwi,melaut saat cuaca sedang tidak bersahabat cukup membahayakan keselamatan, namun hal itu kadang diabaikan oleh nelayan demi memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Kalau tidak melaut ya gak punya penghasilan, makanya kalau sesekali ada kesempatan ya melaut sekedar memenuhi kebutuhan makan, “ katanya.

Alwi megatakan, selama sebulan tidak melaut, aktifitas dia dan sebagian besar nelayan lainya hanya memperbaiki jaring atau perahu yang rusak. Tapi, juga ada yang jadi buruh angkut di pasar,” katanya. (kim)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.