Gunakan Teknologi Fertigasi Semi Hidroponik Tanam Melon Menjanjikan

Tanam melon menjanjikan
Tanam melon menjanjikan

kotatuban.com – Budidaya buah melon dengan teknologi fertigasi semi hidroponik bisa menghasilkan melon tiga kali lipat dari pada ditanam secara biasa. Teknologi tanam melon tersebut merupakan tergolong baru di Tuban.

Pemilik lahan melon, Giyanto saat dikonfirmasi kotatuban.com, Sabtu (07/06) mengungkapkan, teknologi fertigasi semi hidroponik tersebut merupakan teknologi baru untuk menanam melon. Teknologi tersebut merupakan memanfaatkan media air untuk memberikan unsur hara kepada tanaman.

”Jadi pemberian pupuk atau obat-obatan untuk melon melalui media air. Sehingga, pupuk yang diberikan bisa langsung diserap oleh tanaman tersebut,” ungkapnya.

Menurutnya, untuk lahan seluas satu hektar bisa ditanami sekitar 4.500 batang melon. Sedangkan, untuk perhektar lahan bisa menghasilkan sekitar 45 ton melon. ”Jika kita menanam melon dengan cara biasa paling-paling satu hektar lahan hanya bisa menghasilkan 15-25 ton saja,” tandasnya.

Lebih lanjut, Giyanto mengatakan, jenis melon yang dia tanam ada tiga jenis, yakni Golden Apolo, Sakata Glamor, dan jenis Eksen. Tiga jenis melon tersebut dia pilih karena harganya lebih mahal daripada jenis melon lainnya. Untuk saat ini harga Golden Apolo Rp 14 ribu perkilogram, untuk melon jenis Sakata Glamor Rp 12 ribu perkilogram. Sedangkan, untuk melon jenis Eksen Rp 9 ribu perkilogram. ”Menjelang bulan puasa ini diprediksi harga melon akan naik lagi,” pungkasnya. (duc)

 

 

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.