MA Salafiayah Kerek Belajar Jurnalistik Bersama RPS

Deskusi bersama sesi praktik pembuatan berita
Deskusi bersama sesi praktik pembuatan berita

kotatuban.com – Tiga puluh siswa Madrasah Aliyah (MA) Salafiyah Kerek melaksanakan kegiatan jurnalistik bersama perkumpulan wartawan Tuban yang tergabung dalam Ronggolawe Press Solidarty (RPS), Sabtu (17/05).

Kegiatan yang merupakan kerjasama antara RPS dengan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk tersebut diikuti oleh 15 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan, yang semuanya merupakan pengurus Organisasi siswa intra sekolah (Osis) sekolahan setempat.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Sarwono dalam sambutannya mengungkapkan, pihak sekolahan sangat bersukur sekali dengan adanya kegiatan jurnalistik yang digelar oleh para wartawan tersebut. Pasalnya, keterampilan tulis menulis merupakan ilmu yang sangat penting didalam dunia pendidikan. Sehingga, diharapkan para siswa setelah mendapatkan pelatihan jurnalistik ini dapat memiliki kemampuan tulis menulis yang lebih bagus lagi.

‘’Pihak sekolah berharap para siswa yang telah mengikuti pelatihan jurnalistik ini dapat membuat media sekolah. Baik itu majalah sekolah maupun mading,’’ ungkapnya.

Sementara itu, Ketua RPS Khoirul Huda mengungkapkan, kegiatan jurnalistik itu tidak hanya menulis berita saja. Namun,  kegiatan jurnalistik itu mulai kegiatan peliputan dan pembuatan berita. Selain itu, dalam peliputan itu juga ada pencarian berita, teknik wawancara, dan berbagai kegiatan lainnya.

‘’Disini nanti teman-teman wartawan yang menjadi pemateri akan mengupas tuntas tentang jurnalistik. Tidak hanya teori saja, namun sampai praktek menulis berita,’’ tandasnya.

Menurutnya, pengetahuan tentang jurnalistik tersebut sangat penting dimiliki oleh anak didik. Hal tersebut agar anak didik memiliki tanggung jawab kepada publik untuk menyampaikan sesuatu hal. Selain itu, diharapkan pihak sekolahan dapat memberikan wadah atau fasilitas kepada para siswa untuk menyalurkan bakat jurnalistiknya  ‘’Media sekolah tersebut sangat penting, untuk wadah kreatifitas siswa,’’ katanya.

Terpisah, salah satu siswa yang mengikuti pelatihan jurnalistik, Shobirin mengatakan, pelatihan jurnalistik ini sangat banyak manfaatnya. Selain bisa mengetahui cara kerja wartawan, peserta juga dapat menambah pengalaman tentang ilmu kejurnalistikan.

‘’Setelah mendapatkan pelatihan jurnalistik ini saya jadi kepingin menjadi wartawan beneran,’’ pungkasnya. (kiriman kelompok 1: Hasan Mustofa, Dasmilan, Hibatul Izzati, Wiwik Dwi, Sufrotul Nadhiroh, Khusnul)

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.