Osis SMAN 5 Ikuti Sekolah Jurnalistik

Salah satu anggota RPS saat menyampaikan materi jurnalistik
Salah satu anggota RPS saat menyampaikan materi jurnalistik

kotatuban.com – Sedikitnya 30 siswa yang tergabung dalam organisasi siswa intra sekolah (Osis) Sekolah Menengah Atas negeri (SMAN) 5 Tuban sangat antusias mengikuti pelatihan jurnalistik, Sabtu (03/05). Sekolah jurnalistik  yang digelar oleh perkumpulan wartawan Tuban yang tergabung dalam Ronggolawe Press Solidarity (RPS) dan bekerjasama dengan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, tersebut dilaksanakan diruang laboratorium sekolahan setempat.

Selain itu, siswa yang mengikuti pelatihan jurnalistik tersebut berasal dari kelas X dan kelas XI. Sedangkan, pada pelatihan jurnalistik tersebut para narasumber memberikan ilmu kepada para peserta bagaimana cara mencari berita sampai bagaimana cara menulis berita yang baik dan benar.
Ketua RPS Tuban, Khoirul Huda dalam sambutannya mengungkapkan, para wartawan yang tergabung dalam RPS inggin berbagai tentang ilmu jurnalistik, khususnya dengan para pelajar yang ada di Tuban. Selain itu, wartawan juga ingin medekatkan diri dengan masyarakat. Pasalnya, selama ini wartawan dianggap menakutkan oleh sebagian masyarakat.
‘’Kami hanya inggin berbagi pengalaman dan ilmu kepada adik-adik pelajar. Sehingga, nantinya setelah pelatihan ini dapat mengelola media sekolah lebih baik lagi,’’ ungkapnya.
Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 5 Tuban, Darwati mengungkapkan, diharapkan kepada para siswa yang mengikuti pelatihan jurnalistik yang digelar RPS dapat lebih baik lagi dalam ilmu tulis menulis. Selain itu, setelah kegiatan ini para siswa juga wawasan kejurnalistikkannya juga dapat bertambah. ‘’Semoga setelah mendapatkan pelatihan jurnalistik ini nalar kritis para siswa dapat bertambah,’’ tandasnya.
Ketua Osis SMAN 5 Tuban, Krisna saat dikonfirmasi terkait kegiatan sekolah jurnalistik yang diselenggaran RPS tersebut. Menurutnya, kegiatan jurnalistik tersebut sangat positif sekali. Selain itu, para siswa setelah mengikuti kegiatan tersebut dapat lebih memahami dan mengerti bagaimana cara menulis berita. Sehingga, Osis SMAN 5 Tuban ingin mengelola majalah sekolah yang telah ada saat ini. ‘’Kami jadi inggin mengelola majalah sekolah setelah mendapatkan pelatihan ini,’’ pungkasnya. (kiriman siswa SMAN 5 Tuban, kelompok I, Firdaus Miftakul Novanda Syah Putra,Yulian Dwi Nurmashuda, Aditya Geghana Nuswantara, Dinda Puja Nur Aeni, Novia Dwi Sagita Mardiana, Emil Diah Nugrahani)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.