Peringati HJT Forpimda Ziarah ke Makam Leluhur

Bupati bersama Wabup tengah memanjatkan doa di makam Brawijaya
Bupati bersama Wabup tengah memanjatkan doa di makam Brawijaya

kotatuban.com-Bupati Tuban Fathul Huda bersama pejabat Forum Pemimpin Daerah Kabupaten Tuban (Forpimda), berziarah ke makam leluhur. Ziarah ke makam leluhur, seperti makam Sunan Bonang, Ronggolawe, Brawijaya, Sunan Bejagung dan sejumlah makam pemimpin terdahulu lainya merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Tuban (HJT) ke 721.

Kegiatan yang merupakan bagian dari rangkaian peringatan hari jadi Kabupaten Tuban itu, dimulai dengan berziarah di makan Sunan Bonang Tuban, dan diakhiri dengan berziarah ke makam Asmorokondi di Kecamatan Palang.

“Ini adalah bagian dari rangkaian peringatan hari jaadi ke 721. Kegiatan ini juga sekaligus mengenang jasa para pahlawan dan pemimpin Tuban di masa lalu,” ujar Kepala bagian Hubungan Masyarakat dan Media, Teguh Setyabudi, di sela-sela kegiatannya mendampingi Bupati Tuban, Selasa (12/11) siang tadi.

Lokasi pertama yang menjadi tujuan rombongan Bupati dan wakil Bupati adalah makam Sunan Bonang yang berada di Kelurahan Kutorejo Kota Tuban. Selanjutnya makam Ronggolawe yang berada di Jalan Ronggolawe. Kemudian ke makam Pangeran Soedjono Poetro di Desa Boto, Kecamatan Semanding, Dandang Wacono, Sunan Bejagung Lor Brawijaya juga di Kecamatan Semanding dan makam Asmorokondi palang.

“Berdirinya Tuban saat ini bukan langsug ada, namun juga berkat perjuangan leluhur pemimpin terdahulu Tuban. Makanya kami sebagai penerus patut melaksanakan ziarah ini sebagai wujud terimakasih kepada pendahulu kta,” terang Teguh.

Teguh menyampaikan, sejarah terdahulu yang sudah terlewatkan bukan untuk dilupakan. Karena terjadiinya masa kini juga tidak terlepas dari kejadian (Sejarah di masa lalu). Dia berharap kegiatan semacam ini tidak hanya dilaksanakan oleh pemimpin Tuban saja, namun juga pemuda dan generasi penerus bangsa ini sebagai bentuk penghargaan perjuangan pahlawan.

“Seperti yang sering kita tahu, bangsa yang baik adalah bangsa yang menghargai sejarahnya, Makanya rangkaian hari jadi ini juga di isi kegiatan ziarah ke makam-makam leluhur sebagai wujud kecintaan kita kepada Tuban,” katanya. (kim)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.