Peserta UN 2014 Meningkat

kotatuban.com-Peserta Ujian Nasional (UN) tahun 2014 di Kabupaten Tuban meningkat diatas 15 persen atau sekitar 5000 peserta untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat dibanding tahun sebelumnya.  Jumlah tersebut berdasar data nominasi sementara (DNS) peserta UN yang di terima Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Tuban.

Tahun ini peserta ujian nasional dari dua jenjang yakni SMP dan SMA sederajat mencapai 25.422 sedangkan tahun sebelumnya hanya 19.922. jika di rinci jumlah tersebut meliputi SMP  9665 peserta, MTs 5349 peerta, SMA 3422, MA  2695 dan SMK  4291 peserta.

Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum bidang pendidikan SMP/SMA/SMK Dikpora Tuban Heny Inriana mengatakan, kenaikan jumlah peserta ujian ini di sebabkan oleh dua hal, pertama meningkatnya partisipasi sekolah siswa (minat sekolah siswa), yang kedua adalah jumlah lembaga pendidikan baru baik itu negeri (dari pemerintah) maupun sekolah swasta.

” Dua faktor itu yang meningkatkan jumlah peserta ujian, salahsatunya adalah keberhasilan program pemerintah melalui program pendidikan geratis sehingga minat untuk sekolah juga meningkat,” kata Heni.

Menurut Heni jumlah peserta ujian itu bisa saja berubah sebab ata saat ini masih sementara (DNS) yang masih akan di verifikasi ulang menjadi data nominasi tetap (DNT) peserta UN.

“Berubah masih bisa terjadi karena ini masih sementara,” katanya.

Seperti diberitakan sebeumnya, verifikasi data peserta akan dilakukan berulang guna mendapatkan falidasi data 100 persen, hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan data maupun tertukarnya data siswa dengan siswalainya. Data peserta ujian yang akan dimasukan cukup komplek, mulai nama siswa, alamat, nanama orang tua, tempat tanggal lahir, asal sekolah, kerja Orang tua, hoby siswa, transport siswa, jarak rumah ke sekolah hingg pendapatan orang tua juga masuk dalam data peserta ujian.

” Ini bertujuan mengetahui, kekeliruan dan data SKHUN tertukar dan sebagainya. Ini saja masih harus di koreksi ulang di sekolah masing2 setelah kami kirim ke provinsi nanti akan kami kembalikan lagi,” terangnya. (kim)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.