PPL Harus Pahami Aturan Pemilu

PPL wajib pahami aturan Pemilu
PPL wajib pahami aturan Pemilu

kotatuban.com – Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) harus memahami alat peraga kampaye (APK) yang melanggar dan mana yang tidak melanggar. Pasalnya, PPL merupakan organ terpenting dan menjadi ujung tombak dalam pengawasan pemilihan umum (Pemilu) anggota legislatif tanggal 9 April 2014 mendatang. Jangan sampai PPL salah dalam mendeteksi pelanggaran. “Jangan sampai dilaporkan pelangagaran, ternyata bukan pelanggaran,” tegas Ketua Panwaskab Tuban, Sulamul Hadi, saat rakor PPL se Kecamatan Merakurak dan Montong, Selasa (20/1).

Ditambahkan Sulamul Hadi, PPL harus memahami bagaimana posisi APK yang melanggar dan yang sesuai aturan. Sehingga, dalam memberikan laporan tidak sia-sia atau justru menimbulkan konsekwensi hukum lainnya.

”Sedangkan, acuan untuk pengawas pemilu dalam menjalankan pengawasan adalah Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 15 tahun 2013. Sehingga, pengawas pemilu utamanya PPL harus memahami aturan tersebut untuk menjalankan pengawasan di lapangan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Gus Hadi panggilan akrab Sullamun Hadi mengatakan, pemahaman terhadap peraturan tersebut sebagai persiapan PPL untuk penertiban yang akan dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban beserta penyelenggara Pemilu yang akan dilakukan di Kecamatan Merakurak dan Montong pada tanggal 23 Januari 2014 mendatang. ”Hal ini penting untuk dilakukan untuk menghindari gesekan antara pengawas pemilu dengan Caleg atau tim sukses,” pungkasnya. (duc)

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.