RPS Bimbing Jurnalistik Siswa SMAN 1 Kerek

Peserta sekolah jurnalistik saat melakukand eskusi
Peserta sekolah jurnalistik saat melakukand eskusi

kotatuban.com – Perkumpulan wartawan Tuban yang tergabung dalam Ronggolawe Press Solidarity (RPS) melatih ilmu jurnalistik kepada 30 siswa dari Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kerek, Sabtu (10/05). Sekolah Jurnalistik yang diadakan di ruang  laboratorium sekolahan setempat tersebut berkat kerjasama antara RPS dengan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.

Sekolah jurnalistik tersebut diikuti oleh beberapa anggota OSIS (organisasi siswa intra sekolah) yang anggotanya berasal dari kelas X dan XI.  Kegiatan pelatihan ini di lakukan agar siswa-siswi mendapatkan bimbingan dalam rangka pembuatan majalah sekolah.

‘’Kami berharap setelah mendapatkan pelatihan jurnalistik dari para wartawan ini para siswa utamanya peserta yang mengikuti sekolah jurnalistik ini dapat menulis berita dengan baik. Sehingga, tahun ajaran depan sekolahan kita ini sudah dapat mendirikan majalah sekolah,’’ ujar Kepala Sekolah SMAN 1 Kerek , Saiful Huda dalam sambutannya.

Sementara itu, Ketua RPS, Khoirul Huda saat dikonfirmasi mengungkapkan, sekolah jurnalistik ini telah berlangsung beberapa bulan dan direncanakan ada sekitar 32 dari tingkat SMA dan Perguruan Tinggi yang akan didatangi RPS untuk mengadakan kegiatan serupa. Hal ini dilagukan untuk memunculkan embrio-embrio baru untuk menjadi seorang wartawan yang hadal. ‘’Hal ini kami lakukan untuk berbagi ilmu yang kami miliki kepada para siswa. Agar para siswa lebih memahami apa itu jurnalistik,’’ ungkapnya.

Terpisah, Wahyu, salah satu peserta mengatakan, pelatihan jurnalistik yang digelar RPS tersebut sangat bermanfaat. Pasalnya, dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang ilmu kejurnalistikan. Selain itu, para siswa juga diajarkan bagaimana cara menulis berita. ‘’Saya berharap kegiatan ini adalagi. Sehingga kita bisa lebih faham lagi cara membuat berita,’’ pungkasnya. (kiriman kelompok 2,  Daimatus Sofiyah, Della Andrieanny Putri,  Selva Elistiana,  Angga Tri Rhomansa dan Kholiq)

 

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.