RPS Bimbing Jurnalistik Siswa SMKN 3 Tuban

kotatuban.com – Sebanyak 30 siswa-siswi dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Tuban mendapatkan pelatihan jurnalistik, Kamis (22/05). Pelatihan kepada para pelajar SMK untuk menjadi seorang wartawan tersebut dibimbing oleh wartawan yang tergabung dalam Ronggolawe Press Solidarty (RPS), yang kerjasama dengan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.

Antusiasme siswa saat praktik membuat berita
Antusiasme siswa saat praktik membuat berita

Ketua RPS, Khoirul Huda saat dikonfirmasi mengungkapkan, pada pelatihan jurnalistik ini para pemateri akan memberikan pengetahuan dan pemahaman bagaimana cara mencari, membuat, serta menyampaikan berita. Sehingga, nantinya para siswa memahami cara kerja menjadi seorang jurnalis.

‘’Pada pelatihan ini, pematerinya juga para wartawan. Sehingga benar-benar berkompeten dalam dunia tulis menulis. Selain itu, pada pelatihan ini peserta tidak hanya belajar teori-teori jurnalistik saja. Namun, sampai praktek bagaimana menulis berita yang baik dan benat,’’ ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Widodo, mengungkapkan, bahwa pihak sekolah sangat berterimakasih kepada RPS. Pasalnya, telah bersedia membimbing ilmu jurnalistik kepada para siswa. Sehingga, diharapkan kepada para siswa sehabis melaksanakan pelatihan ini benar-benar serius. ‘’Para siswa saya berharap dapat mengikuti pelatihan dengan serius. Sehingga, nantinya yang ikut dalam kegiatan ini dapat menjadi pelopor media sekolah,’’ tandasnya.

Lebih lanjut Widodo mengatakan, di SMKN 3 Tuban saat kelas XII juga ada mata pelajaran jurnalistik. Sehingga, pelatihan jurnalistik yang digelar oleh RPS tersebut sangat membantu pihak sekolah. Selain itu, diharapkan pelatihan jurnalistik tidak hanya dilaksanakan satu kali saja, dan masih ada kelanjutannya. ‘’Pelatihan seperti ini jangan sampai disini saja,’’ pungkasnya. (kiriman siswa SMKN 3 Tuban Kelompok 4 : Ika Istanti, Fikriyatul Mukarromah, Frida Ayu Paramita, Cici Sofiyana, Alfinatur Rohmi, Dewi Windriani)

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.