Sepi Ikan, Nelayan Pilih Perbaiki Jaring

Kesibukan nelayan jahit jaring
Kesibukan nelayan jahit jaring

kotatuban.com-Sepinya penjualan ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang ada di Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban dimanfaatkan nelayan untuk memperbaiki jaring tangkapan ikan mereka, Sabtu (4/1).

Kegiatan perbaikan jaring tangkapan ikan di TPPI ini karena memang sejak sebulan ini para nelayan di wilayah Palang sudah tidak melaut. Sehingga, TPPI yang merupakan pasar ikan nelayan Palang dan sekitarnya menjadi sepi. Satu dua nelayan yang nekat melaut hasilnya habis dijual di rumah dan tidak sampai dibawa ke TPPI.

“Biasanya memang banyak ikan, tapi sekarang sepi karena tidak ada yang melaut,” terang Edy, salah satu nelayan ketika menjahit jaring di TPI Desa Karangagung, Kecamatan Palang.

Sepinya TPI dari aktivitas jual beli ikan segar juga ditanggapi ketua Paguyuban Nelayan Tuban, Faisol, diakui kalau tangkapan nelayan saat ini menurun drastis. Hal ini tentunya berdampak dengan harga ikan yang semakin melambung tinggi.

Fisol menerangkan, kalau kenaikan ikan segar di pasaran saat ini mencapai 15 hingga 20 persen. Melambungnya harga ikan diperkirakan akan terjadi setidaknya minggu depan.

“Ikan tengiri sekarang menjadi Rp 55 ribu satu kilogram, awalnya hanya 45 ribu saja,” terang pria yang juga menjadi pedagang ikan ini.

Kenaikan harga ikan tidak hanya terjadi di Tuban saja, tapi, disemua wilayah pesisir Pantura, seperti Rembang, Lamongan maupun Gresik. (ros)

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.