Siswa SMAN 3 Tuban Dapatkan Pengetahuan Jurnalistik

kotatuban.com-Siswa dari Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Tuban yang selama ini telah mengikuti kegiatan ekstrakulikuler jurnalistik di sekolah mendapatkan tambahan ilmu jurnalistik, Minggu (9/2). Pengetahuan sekolah jurnalistik ini diberikan oleh Ronggolawe Press Solidarity (RPS). Sedangkan, SMAN 3 Tuban ini menjadi tempat ketiga yang dikunjungi RPS dalam menggelar Sekolah Jurnalistik. Sebelumnya, para wartawan ini telah mengunjungi SMAN 1 Tuban dan SMAN 2 Tuban.

”Disetiap minggunnya para wartawan yang bergabung di RPS meminta cuti untuk berbagi ilmu yang selama ini didapatkan, ‘’ ujar, Ketua RPS Khoirul Huda.

Menurutnya, untuk menajadi seorang wartawan harus mau dan rela mengorbankan waktunya. Tidak hanya bekerja saja. Namun, menjadi seorang wartawan juga harus rela kehilangan waktu untuk menularka ilmunya kepada orang lain. ”Mau tidak mau itulah resiko yang harus kami tanggung menjadi seorang wartawan, harus meluangkan waktu untuk orang lain,” tambahnya.

Lebih lanjut Ketua RPS mengatakan, tujuan diselanggarakanya sekolah jurnalistik di sekolah ini dengan maksud memberikan pembekalan kepada para siswa tentang jurnalistikan. Selain itu, juga untuk mendapat generasi penulis yang lebih baik. ”Jujur jika kami memberikan pelatihan tidak ada respon dari para peserta kami merasa kecewa, ‘’ tambah Huda dengan sedikit kecewa.

Tidak jauh berbeda dengan pendapat Khoirul Huda, Ketua Panitia Sekolah Jurnalistik Dion Fajar Arianto, juga menuturkan bahwa tujuan
diadakannya kegiatan ini adalah memberikan atau berbagi ilmu khususnya untuk menulis kepada para siswa. Untuk menjadi seorang wartawan itu tidak mudah dan penuh dengan resiko,” ujar pria yang telah menjadi wartawan tujuh tahun tersebut.

Sementara itu, salah seorang peserta kegiatan sekolah jurnalistik, Rosyida, berpendapat bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para siswa. Apa lagi untuk anggota jurnalistik SMAN 3 Tuban, sekolah jurnalistik ini sangat penting. ”Untuk pemula seperti saya kegiatan ini sangat berguna, dan dapat untuk membekali saya dalam bidang kejurnalistikan,” katanya.

Lebih lanjut Rosyida mengatakan, bahwa kegiatan ini sangat memotivasi para siswa yang mengikuti sekolah jurnalistik tersebut. Selain itu, diharapkan dengan digelarnya sekolah jurnalistik ini dapat meningkatkan kemampuan menulis anggota jurnalistik SMAN 3 Tuban. ‘’Saya dan teman–teman setelah mendapatkan sekolah jurnaliistik ini akan membuat majalah SMAN 3 Tuban lebih bagus lagi,” pungkasnya. (kiriman kelompok 3 peserta pelatihanjurnalistikSMAN3 Tuban) Dona Anugrahani, Febry Diah A, Yonik Hestie A, Rosyida, Dewi Hutami.

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.