Siswa SMAN I Plumpang Berharap Miliki Majalah

Sekolah jurnalistik di SMAN I Plumpang
Sekolah jurnalistik di SMAN I Plumpang

kotatuban.com-Sejumlah siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) I Plumpang berharap dapat membuat majalah sekolah sendiri. Hal itu terungkap saat siswa sekolah tersebut mengikuti pelatihan jurnalistik yang digelar Ronggolawep Pers Solidarity (RPS) Tuban bekerjasama dengan PT semen Indonesia, Sabtu (26/4).

Pelatihan jurnalistik yang digelar di SMAN I Plumpang diikuti 30 siswa. Pelatihan ini merupakan pelatihan angkatan ke 12.

Waka Kurikulum SMAN Plumpang, Nuril Huda, mengatakan,  ilmu jurnalis adalah ilmu dunai dan akhirat, karena aktifitas jurnalistik dapat memberikan pengaruh kepada kehidupan manusia.

Dia mencontohkan, jika sorang wartawan melakukan peliputan tentang suatu hal yang baik, kemudian menberikan dampak pada kehidupan seseorang menjadi lebih baik, tentu secara tidak langsung juga memberikan kebaikan kepada penulisnya (wartawan).

“Anak-anak saat melakukan peliputan ibadah solat suatu misal, dengan tuturkata dan penyampaian yang baik kemudian memberikan pengaruh kepada orang lain, itu juga termasuk nilai ibadah,” ujar Nuril Huda dihadapan seluruh peserta.

Dia juga berharap, pasca kegiatan tersebut, siswa mampu membuat majalah sekolah karena sampai saat ini, setah sekolah berjalan selama 4 tahun, sekolah belum memiliki majalah interen. Selain itu siswa diharap mampu mengembangkan majalah dinding (mading) yang sudah ada di SMA N Plumpang.

“Karena sekolah belum memiliki majalah sendiri, kami berharap, setelahkegiatan ini, sekolah membuat majalah maupun tabloid yang digarap sendiri oleh siswa,” harap Nuril Huda.

Sementara itu, Ketua RPS, Khoirul Huda mengatakan, RPS sebagai organisasi wartawan di Tuban yang beranggotakan berbagai media, siap membantu dan mendorong siswa SMAN Plumpang membuat majalah sekolah.

“Kami siap dan bersedia jika ke depan nanti diminta shering, dan membantu sekolah jika ingin membuat majalah sekolah. Anggota RPS juga siap jika dihubungi siswa saat akan bertanya tentang keilmuan jurnalis, melalui kontak yang sudah kita cantumkan dibuku materi yang dibagikan,” kata Huda. (kim)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.