SMKN 1 Widang Dapat Pelatihan Jurnalistik

kotatuban.com – Setelah beberapa sekolah tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan perguruan tinggi di Kabupaten Tuban mendapatkan pelatihan jurnalistik dari Ronggolawe Press Solidarty (RPS). Kini, giliran Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Widang yang mendapatkan kesepatan mendapatkan pelatihan jurnalistik dari sejumlah wartawan yang tergabung dalam RPS tersebut, Minggu (20/04).

Siswa SMKN Widang saat mengikuti pelatihan jurnalistik
Siswa SMKN Widang saat mengikuti pelatihan jurnalistik

Kepala SMKN 1 Widang, Takari Widodo dalam sambutannya mengungkapkan, diharapkan setelah mendapatkan pelatihan jurnalistik dari para  wartawan ini dapat menambah wawasan para siswa tata cara menulis yang benar dan baik. Pasalnya, sekolah kejuruan yang berdiri sejak tahun 2007 lalu tersebut belum memiliki media sekolah. Namun, pihak sekolah pada tahun ini telah merencanakan akan membentuk media sekolah.

‘’Kami juga berharap dengan pelatihan jurnalistik ini para siswa dapat menambah ilmu tentang kejurnalistikan. Sehingga, media sekolah yang akan dirintis tersebut dapat berjalan dengan lancar. Karena Sumber Daya Manusia (SDM)nya mulai saat ini sudah dipersiapkan,’’ ungkapnya.

Sementara itu, Ketua RPS Khoirul Huda saat dikonfirmasi mengatakan, di SMKN Widang respon para siswa sangat bagus. Selain itu, kemauan belajar dan keberanian bertanya para siswa juga cukup bagus. Hal ini diharapkan bisa menjadi modal utama para siswa untuk menjadi seorang jurnalis yang handal. ‘’Keberanian bertanya adalah modal paling utama untuk menjadi seorang wartawan. Jika, seorang wartawan tidak mau bertanya, pasti tidak akan bisa menulis berita yang falid,’’ tandasnya.

Terpisah, salah satu peserta Sutejo mengatakan, pelatihan jurnalistik ini diharapkan tidak hanya sampai disini saja, dan masih ada pelatihan-pelatihan terkait teori dan praktek jurnalistik. Sehingga, para siswa dapat benar-benar memahami ilmu kejurnalistikan ini.

‘’Saya sangata senang sekali mengikuti pelatihan ini. Dan banyak sekali ilmu tentang jurnalistik yang saya dapatkan. Saya juga kepingin menjadi seorang wartawan yang handal,’’ tandasnya.

Diketahui, sekolah jurnalistik yang terselenggara  berkat kerjasama antara RPS dengan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk tersebut akan diselenggarak di 32 sekolah tingkat SMA dan perguruan tinggi yang ada di Tuban. Sedangkan, SMKN 1 Widang tersebut merupakan sekolahan yang ke 11 yang dikunjungi RPS. (kiriman siswa SMKN 1 Widang kelompok: II,  Hery Rama Febryanto, Rivaldhi Ramadhan dan Mujib Prawito)

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.