Susun Rencana Pembangunan Libatkan Masyarakat

kotatuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban akan selalu mengikut sertakan masyarakat dalam setiap pembangunan. Seperti dalam Musyawarah Perencanaan Pemabangunan (Musrenbang) Kabupaten Tuban Tahun 2014 dalam rangka  menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2015, Pemkab Tuban melibatkan semua unsur dalam kegiatan tersebut.

Musrenbag yang digelar di Pendopo Krido Manunggal, Selasa (11/3) tersebut dihadiri oleh Forpimda Kabupaten Tuban, SKPD se Kabupaten Tuban, camat dan kepala desa se Kabupaten Tuban. Selain itu, dalam kegiatan tersebut juga diikuti LSM dan perusahaan yang ada di Tuban yang tergabung dalam forum Corporate Social Responsibility (CSR).

Bupati Tuban, Fathul Huda dalam sambutannya mengungkapkan, dalam Musrenbag Pemkab sengaja mengikut sertakan masyarakat. Musrenbag ini adalah upaya untuk membangun komunikasi dan keterlibatan masyarakat dalam setiap pembangunan serta bagian dari strategi pemberdayaan masyarakat.

”Artinya, pembangunan harus benar-benar dari, oleh dan untuk masyarakat. Sehingga, semakin tinggi tingkat partisipasi masyarakat dalam pembangunan, maka semakin tinggi pula tingkat keberhasilan yang akan dicapai,” ungkapnya.

Menurutnya, Musrenbang pada dasarnya menjadi tahapan strategis serta landasan dalam memadukan, menserasikan, dan mensinergikan dari berbagai potensi, kekuatan, peluang guna menghadapi tantangan dan hambatan yang ada dalam pembangunan daerah. ”Sehingga, jika kita bersama-sama merencanakan pembangunan, pasti akan berhasil,” pungkasnya. (duc)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.