Terjangan Angin Puting Beliung, Rusak Puluhan Rumah di Palang

kotatuban.com– Angin puting beliung menerjang satu desa di kawasan pesisir utara Tuban, tepatnya di Desa Kradenan, Kecamatan Palang, Kamis (17/10) dini hari tadi. Akibat terjangan angin yang datang bersama dengan hujan lebat tersebut,  terdapat dua  rumah  dan kandang sapi milik warga ambruk rata dengan tanah, sementara belasan bangunan lainnya mengalami kerusakan ringan di bagian atap.

Ulin, warga Kradenan kepada kotatuban.com, mengatakan angin yag menerjang desanya tidak berlangsung lama, hanya berkisar antara tiga sampai lima menit. Meski berlangsung cepat, terjangan angin tersebut mengakibatkan kerusakan yang cukup serius.

“Sebelumnya mendung gelap, disusul hujan deras lalu angin kencang, untung saja angin tidak terlalu lama, hanya beberapa menit,” terang Ulin.

Menurut Ulin, kerusakan paling parah terjadi pada rumah milik Kiswandoyo, dan Joko. Dua bangunan tersebut luluh lantak rata dengan tanah. “Kandang milik pak Joko, sama rumah milik pak wandoyo hancur,” terang Ulin.

Sementara itu Joko, pemilik kandang mengaku banyak rumah yang rusak akibat angin selain kandang ternak miliknya yang ambruk. Jika dihitung sekitar tempat tinggalnya saja ada belasan, terutama rusak di bagian atap. “Yang banyak atapnya terbang dibawa angin, selain itu ada juga pohon yang roboh,” ungkap Joko.

Paska kejadian itu, warga langsung bergotong royong membersihkan puing-puing rumah dan melakukan perbaikan secara swadaya, baik pada rumah mereka sendiri maupun rumah tetangganya yang mengalami kerusakan. (Kim)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.