Wartawan Juga Mempunyai Tugas Edukasi

Para peserta berfoto bersama usai pelatihan
Para peserta berfoto bersama usai pelatihan

kotatuban.com – Seorang jurnalis atau wartawan selain mempunyai tugas menyampaikan informasi kepada masyarakat, juga mempunyai tugas edukasi. Sehingga, perkumpulan wartawan Tuban yang tergabung dalam Ronggolawe Press Solidarity (RPS) menggelar Sekolah Jurnalistik yang kerjasama dengan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.

Hal ini diungkapkan Ketua RPS, Khoirul Huda dalam sambutanya pada kegiatan Sekolah Jurnalistik di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Rengel, Sabtu (22/3). Menurutnya, Sekolah Jurnalistik yang digelar RPS di SMA se Kabupaten Tuban tersebut merupakan salah satu bentuk tanggung jawab edukasi yang dilakukan RPS.

”Hal ini juga sebagai langkah regenerasi wartawan. Sehingga, nantinya muncul wartawan – wartawan yang handal,” tandasnya.

Lebih lanjut Huda mengatakan, saat ini banyak masyarakat yang beranggapan bahwa seorang wartawan itu terkesan menakutkan. Selain itu, wartawan juga suka mengekpose kejelekan – kejelekan orang lain. Padahal, kejelekan – kejelekan tersebut diekpose untuk agar orang lain tidak berbuat hal yang sama.

”Pelatihan seperti ini juga upaya yang dilakukan RPS untuk mendekatkan diri bersama masyarakat, kususnya dilingkungan sekolah,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Sekolah SMAN 1 Rengel, Lukijan mengungkapkan, terimakasih kepada wartawan yang tergabung dalam RPS. Pasalnya, para jurnalis tersebut ditengah – tengah kesibukannya telah mau memberikan ilmu terkait tulis menulis kepada para siswa. ”Sehingga para siswa diharapkan dapat serius mengikuti pelatihan ini,” tuturnya.

Menurutnya, selain menjadi fungsi kontrol pres juga mempunyai tugas mencerdaskan kehidupan bangsa. Sehingga, sangat tepat bila wartawan mau berbagi ilmu dengan para siswa seperti halnya yang dilakukan RPS kali ini.

”Sehingga, diharapkan untuk siswa dapat lebih memahami lagi dalam ilmu tulis menulis setelah mendapatkan pelatihan ini,” pungkasnya. (duc/kim)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.