LIRA Siap Kawal Dana di Desa

kotatuban.com – Pada tahun ini Pemerintahan Desa (Pemdes) menerima dana yang tidak sedikit. Setidaknya ada beberapa sumber dana yang mengucur ke desa, antara lain Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD), Dana Bagi Hasil (DBH), Pendapatan Asli Desa (PA Desa), dan berbagai dana lainnya.

Banyaknya dana yang masuk ke desa tersebut membuat sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang ada di Tuban akan mengawasi penggunaan dana yang ada di desa tersebut. Salah satunya adalah LSM Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Kabupaten Tuban.

”Kita akan pro aktif dalam melakukan control sosial terkait penggunaan dan realisasi dana yang ada di desa-desa,” kata Bupati LIRA Tuban, Hadi Purwanto, Selasa, (26/04).

Menurutnya, dengan banyaknya dana yang mengucur di desa tersebut, sangat rentan disalahgunakan jika tidak ada pengawalan secara aktif dari pihak luar. Sehingga, kegunaan dana itu harus sesuai dengan peruntukannya dan tidak menyalahi aturan yang berlaku.

”Komitmen ini untuk menciptakan Pemerintahan Tuban yang bersih. Untuk membuat Tuban bersih dari tindakan korupsi harus bersih dulu mulai dari desa-desa,” ungkapnya.

Lebih lanjut Hadi mengatakan, semua lapisan masyarakat dan organisasi yang fokus dalam anggaran juga harus ikut dalam pengawalan dana tersebut. Karena dana itu untuk kepentingan desa dan kemajuan di masing-masing desa.

”Apa pun bentuknya, kita harus berperan aktif dalam pengawalan dana yang ada di desa tersebut,” tandasnya.

Jika ada pihak-pihak yang berani menyalahgunakan dana tersebut, maka penegak hukum harus berani bertindak secara tegas. Serta tidak memberikan toleransi bagi para pelaku yang menyalahgunakan dana yang seharusnya digunakan untuk kemakmuran masyarakat itu.

”Aturan dan kegunaan dana yang ada di desa itu sudah jelas, sehingga pemerintah desa juga menggunakan dana tersebut sesuai kebutuhan yang ada,” terang Hadi.

Rata-rata desa-desa di Kabupaten Tuban pada tahun 2016 ini menerima dana sekitar Rp 1,1 miliar sampai Rp 1,4 miliar. Besaran dana tersebut tergantung dari jumlah penduduk, luas wilayah desa, dan beberapa indikator lainnya. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban