Mbah Jaenah Bakal Terima Dana Bansos Dari Pemkab

kotatuban.com – Derita Jaenah (81) warga Desa Tlogowaru, Kecamatan Merakurak bakal sedikit berkurang. Sebab, nenek lanjut usia (Lansia) yang hidup sebatangkara tersebut bakal mendapatkan dana bantuan sosial (Bansos) dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban.

”Untuk tahun ini Mbah Jaenah kita usulkan mendapatkan Bansos dari Pemkab Tuban,” terang, Sekretaris Desa Tlogowaru, Bambang, Sabtu (17/02).

Menurutnya, selama ini Mbah Jaenah belum mendapatkan bantuan dari pihak manapun, baik dari perusahaan yang ada di sekitar Desa Tlogowaru maupun dari pemerintah. ”Yang rutin Mbah Jaenah itu hanya mendapakan Rastra. Beras bersubsidi tersebut diberikan kepada tetangganya untuk dimasakan Mbah Jaenah,” terangnya.

Bansos tersebut, lanjut Bambang mengatakan, rencananya akan cair Rp150 ribu perbulannya. Sedangkan, dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tuban tersebut akan cair tiga bulan sekali.

”Uang bantuan itu rencananya akan kita kasihkan kepada tetangganya yang paling dekat biar dibuat memenehi kebutuhan sehari-hari Mbah Jaenah. Mengingat, Mbah Jaenah itu sudah sepuh dan tidak bisa melihat,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Sungguh tragis nasib yang dialami nenek Jaenah (81) warga Desa Tlogowaru, Kecamatan Merakurak ini. Pasalnya, nenek lanjut usia yang juga sudah tidak mampu melihat ini harus tinggal seorang diri tanpa sanak saudara.

Bahkan, tempat tinggal nenek Jaenah sangat jauh dari kata layak. Gubuk reot tempat tinggal nenek sebatang kara tersebut berukuran sekitar 5 X 3 meter yang terbuat dari anyaman bambu dan kondisinya sudah rusak disana-sini.

Yang lebih tragisnya lagi nenek Jaenah harus tinggal menyatu dengan antara tempat tidur dan tempat mandi. Sedangkan, untuk makan nenek yang pendengarannya sudah terganggu tersebut mengandalkan belas kasihan para tetangganya. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban