Mendekati Ramadan Harga Bawang Merah Turun

image
Pedagang bawang merah di Pasar Baru Tuban

kotatuban.com-Meski harga sejumlah komiditas naik menjelang bulan Puasa, namun, harga bawang merah justru turun. Semula harga bumbu dapur berwrna merah itu berada di level Rp 33.000 hingga Rp 36.000 per kilogram (Kg), dan saat ini berharga Rp16.000 hingga 18.000 per kg.

Pedagang bawang merah di Pasar Baru, Jalan Gajah Mada Tuban, Abdurrohim (47), mengatakan,  penurunan tersebut karena pasokan bawang merah sudah kembali normal, setelah beberapa hari sebelumnya sempat kosong.

“Untuk harga bawang ini sudah turun sejak kemarin mas, dan saat ini harganya rata-rata Rp18 ribu per kg dari harga sebelumnya Rp 36 ribu per kg,” kata Abdurrohim, Sabtu (6/6).

Tidak hanya bwang merah, pasanganya yakni bawang putih juga mengalami penurunan, dari Rp19.000 per kg menjadi Rp16.000 per kg.

“Bawang putih juga turun, malah sudah turun dulu sebelum bawang merah,” sambung pedagang bumbu dapur itu.

Menurut Rohim, bawang merah sempat naik lantaran beberapa waktu lalu warga menggelar hajatan bersamaan, sehingga permintaan bawang merah menjadi naik. Selain itu pasokan dari berbagai daerah penghasil bawang juga belum ada.

“Harga naik turun ini sudah biasa mas kalau menjelang bulan Puasa. Kalau kemarin pengiriman memang sempat telat, untuk harga bawang sendiri menyesuaikan kwalitas dengan selisih antara seribu hingga dua ribu,” terang Rohoim.

Jika penurunan terjadi pada komuditi bawang, harga telur justru mengalami kenaikan meski hanya Rp100 per kg, yakni dari kisaran  harga Rp18.000 menjadi Rp19.000 per kg, sedangkan harga telur ayam kampung masih stabil Rp21.000 per kg.

Sementara itu,  untuk harga beras rata-rata masih juga stabil, beras kualitas medium semisal IR 64 masih berada pada harga Rp 7.800 per kg, dan beras kualitas bagus antara Rp 9.500 hingga Rp 9.700 per kg. (kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban