Minimalisir Resiko Bencana, BPBD Perluas Jaringan Relawan

Kepala BPBD Tuban, Joko Ludiono
kotatuban.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban perluas jaringan relawan tanggap dadurat bencana melalui pelatihan bencana kepada mahasiswa dan komunitas. 

“Semakin banyak orang yang tahu dan mengerti tanggap darurat bencana, maka akan semakin baik. Kami berharap dengan semakin luas jaringan relawan akan semakin kecil resiko bencana,” ujar Kepala BPBD Tuban Joko Ludiono, Senin (17/10).  

Setiap kegiatan jaringan relawan, BBD juga membekali personil dengan pengetahuan bencana serta siaga bencana dan semua hal yang berkaitan dengan bencana, langkah penanggulangan dan antisipasinya.

“Kemarin kami melatih pemuda Muhammadyiah dalam rangka memperbanyak jaringan relawan ini, ada juga mahasiswa. Semakin banyak yang faham tentu akan semakin baik” katanya.

Sementara itu, dalam waktu dekat BPBD juga meagendakan kegiatan bersih sungai bersama warga dan relawan. Pembersihan sungai ini untuk mengurangi tumpukan sampah dan tumbuhan dalam sungai yang dapat berpotensi menghambat aliran air sehingga terjadi banjir.

“Rencananya akhir bulan ini kami akan bersih sungai yang melibatkan sekitar seribu orang,” imbuhnya. (kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban