Musim Hujan, Waspadai DB

image
Kadinkes Tuban, dr Saiful Hadi

kotatuban.com-Memasuki musim penghujan warga Kabupaten Tuban diminta mewaspadai ancaman penyakit Demam Berdarah (DB) yang disebarkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegepty. Nyamuk. Nyamuk ini biasanya bertelur digenangan air yang banyak muncul saat musim penghujan seperti sekarang ini.

Untuk itu warga dminta untuk memutus rantai penyebaran DB dengan menerapkan tiga langkah pencegahan (3M). Yakni, mengubur barang bekas yang dapat menampung air, menutup penampungan air dan menguras penampungan air secara rutin agar tidak menjadi tempat bertelur nyamuk. Bila perlu diberikan bubuk abate yang bisa didapatkan secara gratis di Puskesmas.

“Dengan cara ini tidak ada tempat bagi nyamuk berkembangbiak. Pentingjuga untuk memeriksa fas bunga, atau tempat minum hewan peliaraan burung karena itu juga bisa jadi tempat nyamukmbertelur,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, Saiful Hadi, Sabtu (19/12).

Saiful Hadi mengatakan, dalam dua tahun terakhir wargaa Tuban yang terjangkit DB mengalami penurunan, dan dalam dua tahun ini tidak ada laporan penderita DB yang meninggal.

“Tahun lalu nihil, kami berharap tahun ini juga tidak ada, karena kami belum menerima laporan adanya korban meninggal akibat DB,” kata Kepala Dinas Kesehatan itu.

Tahun 2014 jumlah penderita DB mencapai kurang lebih 230 orang dengan dominasi anak-anak usia di bawah sepupuh tahun. Tahun ini jumlahnya jauh berkurang, yakni 191 penderita.

“Mudah-mudahan musim penghujan ini tidak meningkatkan jumlah penderita,” katanya. (kim) 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban