Arena Latihan Ala Kadarnya, Cetak Puluhan Juara

Anak didik Mukandar saat berlatih
Anak didik Mukandar saat berlatih

kotatuban.com – Untuk mencetak atlet yang bermental juara tidak harus menggunakan fasilitas atau peralatan yang bagus dan mahal. Namun, tekat dan kemauan yang kuat para atlet yang dapat mencetak mental juara para atlet.

Hal itulah yang dilakukan dan dibuktikan oleh pelatih olahraga atletik asal Desa Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding, Mukandar, sejak tahun 1971 lalu. Menurutnya, untuk melatih seorang atlet menjadi juara yang terpenting kemauan dari atletnya. Selain itu, juga bagaimana pelatihnya memberikan motivasi dan teknik-teknik latihan kepada para atletnya.
”Fasilitas untuk para atlet itu penting, tapi yang terpenting adalah bagaimana cara pelatih itu memberikan motivasi kepada atletnya,” ungkap pria kelahiran 1948 tersebut.
Pria pensiunan dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tuban tersebut dari puluhan tahun yang lalu melatih puluhan atlet dengan alat seadanya. Seperti, ban mobil bekas, tambang, besi, dan berbagai perlengkapan seadanya lainnya dijadikan untuk latihan para atlet.
”Pada tahun 1980 kami mendirikan Ronggolawe Atletik Club ini. Namun, juga dengan alat ala kadarnya saja. Sedangkan, yang latihan disini dari berbagai kelas atletik seperti lari, lompat, dan lempar,” ungkap Mukandar.
Walaupun dengan peralatan ala kadarnya, Mukandar mampu menciptakan puluhan atlet berprestasi. Mulai juara provinsi, nasional, bahkan juara internasional dari berbagai olaraga atletik.
”Salah satunya yang mampu sampai internasional adalah Teuku Tegar Abadi itu. Dia juara lompat galah pada 29 Juli 2016 lalu di ASEAN School di Chiang Mai, Thailand, dan mendapatkan medali emas,” pungkasnya. (duc)
Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.