Tegar Peraih Medali Emas Lompat Galah Asean

Tegar saat menerima medali kejuaraan
Tegar saat menerima medali kejuaraan

kotatuban.com – Teuku Tegar Abadi (18) warga Dusun Dempel, Desa Sumberagung, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, telah mengharumkan nama Indonesia di kancah Asia. Tegar, begitu sebutannya telah tiga kali meraih medali di kejuaraan lompat galahh tingkat ASEAN dan Asia. Pada 29 Juli 2016, keturunan Aceh itu meraih medali emas dalam kejuaraan ASEAN School di Chiang Mai, Thailand.

Dalam kejuaraan lomba lompat galah sebelumnya tingkat Asia School di China 2015, atlet kelahiran 13 Desember 1998 ini juga meraih medali emas. Sedangkan kejuaraan lompat galah kategori umum kelompok umur 17 tahun di ajang Asia Junior di Qatar 2015, pria bertubuh kekar ini meraih juara III.

Kini, Tegar sedang mempersiapkan kejuaraan diajang Pekan Olah Raga Nasional (PON) XIX 2016 di Jawa Barat mewakili Jawa Timur untuk kelas umum. Tegar masih memecahkan rekor lompatan setinggi 4,35 meter pada PON Remaja tahun 2014 di Surabaya.

“Saya berusaha berlatih keras. Tapi motivasi dari palatih dan keluarga sangat penting buat membangun mental saya. Sebetulnya, saat berlomba itu lawan terberat adalah diri saya sendiri,” tutur Tegar saat ditemui di lokasi latihan di halaman rumah Mukandar di Desa Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding, Jumat (05/08) sore.

Untuk menyongsong kejuaraan PON 2016 Tegar terus melakukan latihan, utamanya melatih otot bahu dengan mengangkat beban seperti yang digunakan atlet angkat besi. Tegar juga melatih otot bahunya dengan menaiki tali yang diikatkan di pohon setinggi kurang lebih tujuh meter.

Sementara itu sang pelatih, Mukandar mengaku menemukan bakat Tegar saat pemuda itu duduk di bangku kelas II SMP Negeri 1 Plumpang. Setahun berlatih di tempatnya, Tegar kemudian diajak untuk latihan ditingkat nasional oleh pelatih dari cabang lompat galah.

“Dia punya bakat besar untuk menjadi atlet. Lihat badannya, sekarang sudah kekar,” kata Mukandar yang kini usianya sudah 68 tahun ini sembari menunjuk ke tubuh Tegar. (yit)

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.