Wabup Yaqin Prestasi Olahraga di Tuban Semakin Baik

kotatuban.com – Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein tegaskan bahwa Pemkab Tuban mendukung penuh upaya Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tuban dalam rangka peningkatan prestasi dan kemajuan olahraga di Bumi Wali. Hal tersebut diungkapkannya saat membuka Rapat Anggota KONI Tuban dan Sosialisai PORKAB V tahun 2018, Rabu (06/06) di ruang rapat Setda Kabupaten Tuban.

“Berkenaan dengan tujuan tersebut, saya minta perlu adanya penajaman program agar dapat mencapai target yang sudah ditentukan meski dengan anggaran yang terbatas. Utamanya cabang olahraga yang unggulan,” ungkap Wabup.

Wabup menyampaikan bahwa pembangunan Tuban Sport Center (TSC) di Kelurahan Gedung Ombo, Semanding tersebut dimaksudkan untuk mengakomodir pengembangan olahraga yang lebih representatif.

“Selain pendidikan, bidang olahraga menjadi salah satu wadah untuk membentuk karakter bangsa, karena disana diajarkan nilai-nilai kejujuran, sportifitas, dan achievement (capaian) yang terukur,” terangnya.

Terkait dengan dipilihnya Kabupaten Tuban sebagai tuan rumah Pekan Olahraga tingkat Provinsi Jawa Timur ke-6, Wabup menerangkan bahwa capaian tersebut merupakan hasil usaha sejak tahun 2011 lalu.

“Momen ini harus menjadi pemicu bagi atlit-atlit Bumi Wali Tuban untuk meraih prestasi di kancah regional Jawa Timur. Setidaknya harus menempati 10 besar,” ujar Wabup Wabup yang juga Ketua Komda Lansia ini.

Wabup Noor Nahar juga mengintruksikan kepada Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk berkolaborasi dengan KONI guna mensukseskan PORPROV.

Diharapkan pelaksanaan PORPROV di Tuban dapat menciptakan lapangan kerja baru maupun bidang usaha kreatif lain sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. Wabup menambahkan prestasi olahraga menjadi salah satu tolok ukur kemajuan bangsa. Di samping itu, olahraga menjadi wahana untuk mengikat persaudaraan dan mempersatukan masyarakat.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Tuban, Mirza Ali Mansur menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Tuban atas pembangunan TSC yang tengah berjalan. “Saya mewakili KONI dan insan olahraga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemkab Tuban dan dinas terkait atas pembangunan Tuban Sport Center ini,” ujarnya.

Mirza menyampaikan KONI Tuban akan menyelenggarakan PORKAB ke-5 yang dijadwalkan dilangsungkan pada tanggal 20-28 Oktober 2018. Adapun peserta yang mengikuti PORKAB adalah perwakilan dari 20 kecamatan di Kabupaten Tuban dan club olahraga yang tergabung di KONI Tuban.

Selanjutnya, Mirza menyampaikan bahwa Kabupaten Tuban terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan PORPROV ke-6 bersama Kabupaten Gresik, Lamongan dan Bojonegoro.

“Sebanyak 12 cabor terfavorit dan dengan peserta terbanyak akan dipertandingkan di Bumi Wali Tuban. Ini menandakan bahwa Kabupaten Tuban dinilai lebih siap dibandingkan yang lain,” pungkasnya. (duc)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban