Ombak Laut Mengganas Nelayan Takut Melaut

Ombak besar nelayan enggan melaut
Ombak besar nelayan enggan melaut

kotatuban.com – Ombak besar sejak satu minggu terakhir melanda wilayah perairan laut utara, di Kabupaten Tuban semakin mengganas. Sehingga, nelayan Tuban tidak bisa melaut selama gelombang air laut tinggi.

Pengakuan nelayan, gelombang air laut ditengah bisa mencapai empat sampai lima meter. Sehingga, para nelayan tidak berani mencari ikan sampai ketengah laut. Selama ombak besar para nelayan hanya mencari ikan dipinggiran laut.

”Sekarang angin timur, di tengah laut gelombangnya sangat tinggi dan rentan menerjang perahu. Sehingga, para nelayan tidak berani melaut,” terang, Dodok (40), salah satu nelayan asal Kelurahan Karangsari, Kecamatan, Senin (13/06).

Nelayan lain, Kasmiyadi, menggambarkan bahwa tingginya gelombang air laut ditengah-tengah menyerupai bukit kecil. Perahu kecil nelayan akan terombang-ambing, dan kesulitan melihat pandangan di depan ataupun disamping perahu. Bahkan, bisa terbalik jika diterjang oleh gelombang laut tersebut.

”Lihat depan dan samping air semua, kalau misal ada perahu di depan kita juga tidak akan kelihatan, saking besarnya ombak,” kata Kasmiyadi.

Karena itulah, para nelayan memilih menambatkan perahu dan menunggu keadaan pulih. Dalam menunggu pulihnya cuaca laut para nelayan memperbaiki perahu dan alat tangkapnya, seperti jaring. Sesuai kebiasaan, angin timur akan terjadi sampai akhir bulan Agustus mendatang.

”Tetapi tidak terus terjadi, biasanya seminggu angin kencang kemudian seminggu atau dua minggunya lagi cuaca membaik. Semoga saja cuaca cepat membaik, sehingga kita bisa bekerja lagi,” harap Kasmiyadi. (duc)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban