Ombak Pasang Harga Ikan Laut Terdongkrak

Pedagang ikan di pasar Karangsari, Tuban
Pedagang ikan di pasar Karangsari, Tuban

kotatuban.com-Cuaca yang tidak bersahabat sepekan belakangan membuat tangkapan nelayan tradisonal di Kabupaten Tuban merosot drastis. Hal tersebut kemudian berdampak pada tingginya harga ikan segar disejumlah pasar.

Suprapti (46) pedagang ikan di pasar ikan Kelurahan Karangsari, Jalan Panglima Sudrman Tuban, mengungkapkan, kenaikkan harga ikan segar cukup meresahkan pedagang maupun para pembeli ikan.

“Ikan naik mas, tidak seperti biasanya, maklum saja dari nelayan juga sudah naik harganya,” kata Suprapti yang ditemui di pasar ikan Karangsari, Jumat (10/06).

Dia menjelaskan, harga beragam jenis ikan laut seperti cumi, ikan kakap, dan ikan tengiri rta-rata naik higga Rp20 ribu dari harga normalnya. Cumi-cumi harga sebelumnya berkisar antara Rp40.000 per kilogram (kg) hingga Rp50.000 per kg, saat ini harga hewan laut ber tinta hitam itu bias mencapai Rp60.000 per kg hingga Rp65.000 per kg.

Kenaikan Juga dalami ikan tengiri, dari Rp55.000 per kg menjadi Rp65.000 per kg, ikan kakap dari harga Rp45.000 per kg menjadi Rp65.000 per kg. bahkan untuk harga udang saat ini hamper mneyamai harga daging sapi yakni mencapai Rp90.000 per kilo, dari harga semula antara Rp50.000 per kg hingga Rp70.000 per kg.

“Maklum saat ini udang sedang tidak musimnya, udang biasanya murah kalau bulan Desember sampai bulan Februari,” terang Suprapti.

Sementara itu, Karminal (50) nelayan tradisional warga Kelurahan Karangsari yang ditemui di sekitar pantai setempat membenarkan, jika tangkapan ikan belakangan ini cukup sepi. Hal itu disebabkan tingginya pasang air laut dan cuaca yang kurag bersahabat belakangan ini. Maklum kebanyakan nelayan yang memasok ikan di pasar ikan Karangsari merupakan nelayan tradisional harian (pemancing) yang radius pencarianya hanya 9 mil hingga 15 mil saja.

Hal senada juga diungkapkan Ketua HSNI Tuban, Faisol Rozi, pria yang juga pengepul ikan tengiri ini mengungkapkan jika kondisi laut yang kurang bersahabat membuat tangkapan ikan nelayan menurun dan harga ikan pun menjadi mahal.

“Memang harganya mahal, kalau saya khusus ikan tengiri, pasokan juga tidak terlalu banyak hari-hari ini,” katanya saat ditemui di tempat usahanya di Jl Panglima Sudirman, Tuban. (kim)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban