Pancaroba, Awas Ancaman DB

Kepala Dinas Kesehatan Tuban,  Saiful Hadi
Kepala Dinas Kesehatan Tuban, Saiful Hadi

kotatuban.com-Musim kemarau mulai tiba, dan pancaroba dari musim hujan menuju kemarau yang ditandai dengan perubahan cuaca yang cukup ekstrem mulai terasa. Biasanya pancaroba berpotensi memicu beragam gangguan kesehatan, seperti Infeksi Saluran Pernafasan (Ispa), diare termasuk Demam Berdarah (DB).

“Terutama pada balita, pancaroba ini sangat berdampak, jika dayatahan tubuh lemah bisa saja gangguan kesehatan seperti Infeksi saluran pernafasan dan diare hingga DB dialami balita tersebut,” ujar Kepala Dinas Kesehatan dr Saiful Hadi, Kamis (09/07).

Gangguan kesehatan seperti ispa dan diare muncul dikarenakan perubahan suhu udara disertai dengan perubahan volume debu di udara di musim kemarau. Perubahan itu secara tidak langsung akan berpengaruh saat dihirup saat bernafas. Jika debu di udara bencampur bakteri tentu akan menimbulkan gangguan dalam tubuh.

“Penyebabnya volume debu diudara meningkat, jika ini bercambur bakteri kemudian dihirup atau menempel di makanan kemudian dimakan anak-anak tentu ini akan berpotensi menganggu pencernaan. Dalam kasus lain debu juga bisa menimbulkan ispa,” jelasnya.

Dinas Kesehatan menghimbau masyarakat terutama ibu yang memiliki balita memperhatikan makanan yang dikonsumsi anak mereka, hindari jajan di luar yang kebersihannya diragukan. Apalagi membiarkan makanan terbuka.

“Sekarang ini lebih rawan lagi lantaran bulan puasa, banyak penjaja makanan takjil, ini juga perlu diwaspadai jika dijajakan dengan kondisi terbuka. Selama musim kemarau ini saja laporan yang kami terim sudah puluhan yang terkena DB,” pungkas Saiful. (kim)

 

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban