Pantai Palang Dinyatakan Aman dari Rembesan Minyak JOB PPEJ

kotatuban.com– Manajemen Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB PPEJ) memastikan pantai Palang bersih dari rembesan  minyak. Rembesan minyak itu akibat dari proses pembersihan pipa yang bocor pada Agustus lalu.

Dengan tidak adanya gelembung udara yang keluar dari sambungan pipa yang pernah bocor. JOB PPEJ yakin tidak ada lagi rembesan sisa minyak dari pipa yang terangkat ke permukaan laut.

“Untuk memastikan posisi sambungan pipa yang bocor, JOB PPEJ akan melakukan kegiatan penyelaman. Jika ditemukan adanya kebocoran akan dilakukan perbaikan sementara pada bagian yang bocor,” kata Field Manager JOB PPEJ Junizar Harman, Sabtu (167/10).

Perbaikan itu, lanjut Junizar sifatnya sementara. Sebab, secara teknis berbaikan permanen bisa memakan waktu dua minggu. Namun karena memerlukan pengajuan anggaran jasa perbaikan, maka proses persetujuannya bisa memakan waktu 6 bulan.

“Saat bocor 20 Agustus lalu, baru dilakukan perbaikan sementara. Pipa ini baru bisa dipakai lagi setelah ada perbaikan permanen. Sebelum dipakai pun harus ada pemeriksaan untuk memastikan tidak ada kebocoran,” katanya.

Pantauan sementara di lapangan tidak ditemukan genangan minyak hitam pekat, layaknya jika terjadi tumpahan minyak mentah. Ketebalan minyak yang di tengah laut utara Desa Glodok, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban tipis. Genangan itu tidak terlalu mencolok perbedaannya dengan kondisi air laut. Kondisi air terlihat agak biru kecokelatan.

Pada titik tumpahan minyak itu kondisi air laut tersebut tampak sedikit berwarna kecokelatan. Di kawasan pantai maupun laut yang dekat dengan titik adanya ceceran minyak  tersebut juga tidak menimbulkan bau yang menyengat.

Tumpahan minyak yang diyakini dari sisa perbaikan pipa JOB PPEJ  tersebut juga tidak sampai ke pantai. Gumpalan minyak mentah yang berwarna agak kecokelatan tersebut hanya terlihat di tengah laut yang berjarak sekitar 1 mil dari bibir pantai.

Seperti diberitakan,  manajemen JOB PPEJ langsung menghentikan kegiatan pembersihan sisa minyak yang ada dalam pipa lama  begitu ditemukan masih ada rembesan dari clamp yang sebelumnya telah ditest tidak bocor.

Kegiatan pembersihan sisa minyak yang ada di dalam pipa yang sebelumnya bocor dilakukan dengan memompakan air ke dalam pipa. Pipa tersebut dalam kondisi tidak beroperasi sejak terjadinya kebocoran yang lalu.

“Jadi ini bukan kebocoran minyak, tetapi ada rembesan sisa minyak yang keluar saat JOB PPEJ berupaya membersihkan pipa lama yang sempat bocor Agustus lalu ” tambah Junizar. (yit)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban