Panwas Ajak Masyarakat Awasi Pemilu

Sosialisasi pengawasan Pilkada partisipatif di Kecamatan Semanding
Sosialisasi pengawasan Pilkada partisipatif di Kecamatan Semanding

kotatuban.com-Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Semanding ajak pemuda, masyarakat umum dan tokoh masyarakat kecamatan setempat ikut mengawasi pelaksanaan pemilihan umum Bupati dan Wakil Bupati Tuban. Masyarakat diminta untuk ikut mengawsi jalannya Pilkada mulai dari kampanye hingga pungut hitung pada 9 Desember mendatang.

Menurut Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Panwascam Semanding, Dion Fajar Arianto, pelibatan masyarakat umum sebagai pengawas partisipasif dimaksudkan untuk menekan angka kacurangan dalam pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tuban.

”Kami berharap masyarakat secara umum berpartisipasi memantau pelaksanaan Pilkada, mulai dari proses kampanye hingga pelaksanaan coblosan serta pungut hitung,” terang Dion, Senin (09/11).

Kegiatan sosialisasi pengawasan Pilkada yang dilaksanakan di kantor Kecamatan Semanding tersebu melibatkan tokoh pemuda dan masyarakat dan organisasi kemasyarakatan di 17 desa se Kecamata Semaanding. Peserta seluruhnya berjumlah kurang lebih 51 orang.

“Kami mengudang perwakilan desa, setiap desa kami undang 3 orang perwakilan,” terang Dion.

Adapun pengawasan partisipasif merupakan strategi pengawasan pemilihan umum Bupati dan wakil Bupati Tuban yang melibatkan masyarakat umum. Strategi ini dilakukan dalam rangka mendorong secara aktif peran masyarakat untuk melakukan pengawasan Pilkada.

Untuk diketahui, selain Kecamatan Semanding, sosialisasi pengawasan partisipasif  juga dilakukan diseluruh kecamatan di Kabupaten Tuban yang dilaksanakan serentak pada hari ini.

“Hari ini juga dilaksanakan serentak kegiatan serupa diseluruh kecamatan di Kabupaten Tuban,” imbuh Ketua Panwaskab Tuban, Sullamul Hadi. (kim)

 

 

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban