Pasca Libur Lebaran Permintaan SIM Membludak

image
Antrean layanan SIM di Polres Tuban

kotatuban.com – Pasca libur panjang selama Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriyah Polres Tuban permintaan proses perpanjangan maupun pembuatan baru Surat Ijin Mengemudi (SIM) membludak.

Dua hari mulai oprasional setelah libur lebaran tahun 2015 ini, ratusan warga membludak untuk mengurus perpanjangan SIM. Rata-rata mereka yang melakukan perpanjangan SIM itu merupakan warga yang setiap harinya bekerja di luar Kabupaten Tuban.

Pantauan kotatuban.com, ratusan warga yang ingin melakukan pengurusan SIM baru atau perpanjangan harus rela untuk mengantre. Bahkan, beberapa warga harus berdiri lantaran tempat duduk di ruangan pembuatan SIM di Polres Tuban tidak mampu menampung ratusan warga yang beramai-ramai melakukan perpanjangan.

”Memang setelah libur lebaran ini permohonan pembuatan SIM sangat ramai. Mungkin mereka memanfaatkan waktu pulang kampung untuk perpanjangan SIM,” terang Kasat Lantas Polres Tuban AKP Muhammad Fakih, Kamis (23/07).

Menurutnya, pada hari pertama buka pelayanan pembuatan SIM Rabu (22/07) kemarin, tercatat sebanyak 399 warga Kabupaten Tuban yang melakukan pembuatan SIM di Polres Tuban. Dari jumlah tersebut sebagian besar adalah permohonan perpanjangan.

”Lebih dari delapan puluh persen adalah permohonan perpanjangan SIM. Ini sangat meningkat jauh dibandingkan dengan hari-hari biasa. Padahal, pada hari biasa permohonan pembuatan SIM hanya sekitar 100 saja,” lanjut Kasat Lantas.

Salah satu warga yang mengaku rela untuk antre panjang dalam melakukan perpanjangan SIM dan  memanfaatkan libur lebaran. Pasalnya, jika tidak libur lebaran mereka sulit untuk pulang kampung guna mengurus atau melakukan perpanjangan SIM.

”Karena harus kerja ke Kalimantan, makanya ini saya perpanjang dulu mumpung libur di rumah. Aslinya masa berlakunya masih sekitar setahun, tapi kan jarang pulang,” ujar Muhtarom, salah satu warga yang melakukan permohonan perpanjangan SIM.

Sementara itu, sejak dua hari terakhir ini Polres Tuban sendiri mengalami kehabisan material pembuatan SIM, akibat dari membludaknya permohonan. Sehingga mereka yang melakukan pengurusan SIM baik baru atau perpanjangan baru bisa mengambil SIM pada hari Sabtu (25/07) mendatang lantaran menunggu material SIM datang. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban