Pelanggar Lalin Tak Ditilang Malah Diberi Tausiah

Pelanggar lalin saat mendengarkan tausiah dari anggota Polres Tuban
Pelanggar lalin saat mendengarkan tausiah dari anggota Polres Tuban

kotatuban.com-Menyambut mudik lebaran 2016, petugas satuan lalulintas Polres semakin gencar melakukan razia kendaraan. Razia itu juga sekaligus megingatkan pengguna kendaraan bermotor berhati-hai dan tidak melanggar lalulintas. Sehingga, mampu memnimalisir potensi kecelakaan di jalan raya.

Namun, dalam razia kali ini, petugaas tidak melakukan tindakan tilang bagi pelanggar lalulintas maupun kendaraan yang terjaring razia, melainkan diberikan tausiah agama dengah harapan pelanggar lalulintas tidak mengulangi kesalahanya kembali.

Salah satu kegiatan dilakukan petugas di kawasan Jalan Sunan Kalijogo atau Pos Patung Tuban, Rabu (22/6) pagi tadi, sebanyak 62 pelanggar lalulintas terjaring dan seluruhnya tidak diberikan sanksi tilang.

“Ini bagian dari program kami di bulan Suci Ramadan, kita melaksanakan kegiatan penertiban pengendara sepeda motor. Karena ini programnya penyuluhan maka tidak ada yang kita tilang,” terang Kapolres Tuban AKBP Polisi Fadly Samad.

Kapolres menjelaskan, tindakan persuasif yang dilakukan pihak kepolisian dengan  memberikan ceramah dan siraman rohani tersebut untuk menumbuhkan kesadaran bagi para pelanggar lalulintas. Sehingga mereka dapat menaati aturan lalu lintas saat berkendara seperti membawa Surat Ijin Mengemudi (SIM), helm atau kelengkapan kendaraan lainnya.

“Kami ajak masyarakat untuk menaati lalulintas, dengan wejangan-wejangan agar mereka sadar pentingnya berhati-hati di jalan dan menaati aturan sehingga tercipta ketertiban saat berkendara,” jelas Kapolres.

Lebih lanjut menurut Kapolres, banyaknya kecelakaan lalulintas yang terjadi berdasarkan  catatan kepolisian paling banyak disebabkan faktor manusia yang jumlahnya mencapai 70 persen, sisanya adalah faktor lain seperti kondisi jalan dan sebagainya.

“Berdasarkan survei, hampir dari 70 persen terjadinya kecelakaan lalulintas akibat kelalaian atau ketidaksadaran dari pengendara itu sendiri,” katanya. (kim)

 

 

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban