Pembebasan Lahan Alot Pembangunan JLS Dipastikan Molor

wpid-wp-1445942445517.jpegkotatuban.com-Proyek pembangunan Jalur Lingkar Selatan (JLS) atau Ring Road Kabupaten Tuban dipastikan molor. Hingga, kini pembebasan lahan yang dibutuhkan belum tuntas. Padahal target yang dicanangkan pembangunan JLS bakal dimulai awal 2016 mendatang.

Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Husein saaat dikonfirmasi mengatakan, pembebasan lahan masih terhambat bebrapa kendala yang harus diselesaikan. Salah satunya adalah persoalan harga dan surat-surat tanah yang harus diselesaikan administrasinya sebelum dibebaskan atau dibeli pemerintah.

“Masalahnya kompleks, selain warga yang masih belum mau melepaskan tanahnya karena harga yang masih dinilai rendah, juga tim pembenasan yang melibatkan Badan Pertanahan serta pihak penaksir harga masih kesulitan,” kata Wabup Noor Nahar, Kamis (29/10).

Wabup menjelaskan, selain persoalan penyelesaian harga oleh tim pembebasan lahan, kendala lain yang membuat proyek tersebut belum dapat dimulai kontruksinya adalah masyarakat pemilik lahan yang masih menunda-nunda penyelesaian administrasi pertanahan.

“Makanya lama, tidak seluruhnya tanah disitu jelas administrasinya, selain itu masyarakatnya kadang takut untuk menunjukan surat mereka, ini jadi kendala juga,” kata Wakil Bupati Tuban itu.

Disampaikan Wakil Buati Tuban, pembebasan lahan ring road rata-rata dihargai Rp300.000 per meter, jumlah tersebut sudah sanggat tinggi  jika dibandingkan dengan Nilai Obyel Pajak (NJOP) tanah yang ada, seperti Desa Tegalagung Semanding, yang hanya Rp10.000 saja.

“Masyarakat itu kadang semaunya sendiri, NJOP-nya sepuluh ribu, dan pemerintah sudah berani membeli tigaratus ribu, sudah begitu masak kurang mahal,” terang Wabup.

Untuk diketahui, JLS Tuban, memiliki panjang 20 kilo meter mulai dari Kecamatan Palang. Jalur tersebut melintasi sejumlah desa di Kecamatan Semanding, Kecamatan Tuban, Merakurak dan berakhir di Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Tuban  atau menyambung dengan Jalur Pantura Tuban-Semarang. (kim)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban