Pemberdayaan Dari SIG, Jadi Pemulih Ekonomi Dimasa Pandemi

Kotatuban.com – Tingkat perekonomian masyarakat Desa Mliwang, Kecamatan Kerek terus mengalami peningkatan. Kesejahteraan masyarakat tersebut salah satu faktornya dipengaruhi dengan  program Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Semen Indonesia Pabrik Tuban yang terus mengalir didesa setempat.

Ketua Forum Masyarakat Kokoh (FMK) Desa Mliwang, Winoto mengatakan, terdapat 12 program yang dilaksanakan Semen Indonesia di desanya. Program tersebut difokuskan pada pemberdayaan budidaya kambing, meliputi pembiakan dan pengemukan yang dilaksanakan oleh sembilan Organisasi Masyarakat Setempat (OMS), satu pemberdayaan Ayam Petelur, bantuan untuk pavingisasi, dan pengembangan kapasitas FMK.

“Sebagian besar program didesa kami untuk pemberdayaan budidaya kambing, ada juga kegiatan budidaya ayam telur,” terang Winoto.

Menurut Winoto, berkaca pada program sebelumnya di Desa Mliwang, program budidaya kambing telah memberikan manfaat bagi warga, meskipun program tersebut masih dilaksanakan secara tradisional, yakni kambing kambing yang dibeli dengan dana dari perusahaan langsung di rawat oleh kelompok di masing-masing rumah mereka, bukan tersentral di satu lokasi.

“Berkembang biak dengan alami, masyarakat kini punya tabungan disamping pekerjaan utama mereka sehari hari, pengembangan ini sangat cocok, di Mliwang ditahun 2019 menerima 216 ekor kambing, dan  ada 96 ekor lagi di tahun 2020,” ungkap Winoto.

Sementara, Community Development Officer Semen Indonesia Pabrik Tuban, Siswanto mengatakan, agenda serahterima program program CSR Perusahaan menjadi upaya pemulihan ekonomi masyarakat yang sempat terganggu akibat Pandemi Covid 19. program itu sendiri telah diserahkan kepada masyarakat di 3 kecamatan dan 26 desa dengan nilai total 7,1 M.

“Pemberdayaan mendapatkan porsi paling besar, karena gol yang ingin kami capai adalah pulihnya ekonomi, dan peningkatan ekonomi masyarakat,” kata Siswanto.

Secara rinci, pemberdayaan masyarakat mendapatkan porsi sebesar 80%, peningkatan infrastruktur pendidikan dan RTLH sebesar 11%, berikutnya peningkatan kapasitas sebesar 6% dan 4% karitatif. Kegiatan ini ialah wujud komitmen perusahaan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Pabrik Tuban dalam menjalankan tanggung jawab sosial lingkungan terhadap masyarakat sekitar, serta upaya serius untuk menjalin hubungan yang semakin baik dan berkelanjutan antara perusahaan dan masyarakat sekitar. (Luk)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban