Pembinaan UMKM PT SI Diapresiasi Pemkab Tuban

Bupati Tuban Fathul Huda (batik) bersama Direktur SDM dan Hukum Semen Indonesia, Gatot Kustyadji
Bupati Tuban Fathul Huda (batik) bersama Direktur SDM dan Hukum Semen Indonesia, Gatot Kustyadji

kotatuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban memberikan apresiasi atas upaya PT Semen Indonesia (Persero) Tbk yang terus melakukan pembinaan terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Bumi Wali ini. Pemkab Tuban beberapa waktu lalu mendapatkan penghargaan Satyalencana dari Presiden RI, salah satunya upaya PT SI dalam melakukan pembinaan UMKM. Bahkan UMKM di Tuban terus meningkat, baik kualitasnya maupun kuantitasnya. Saat ini jumlah UMKM yang berada di Tuban ada sekitar 65 ribu pengusaha.

”Saat ini di Kabupaten Tuban sendiri memiliki sekitar 65 ribu pengusaha UMKM. Dan kita terus mendorong di Tuban agar tumbuh UMKM baru,” ungkap, Bupati Tuban Fathul Huda, saat pembukaan Pekan Raya Semen Indonesia (PRSI) di Graha Sandiya Desa Bogorejo, Kecamatan Merakurak, Senin (19/10) kemarin.

Untuk itu, lanjut Bupati Huda, harus ada kerjasama yang baik dari semua kalangan, baik dari pemerintah daerah, perusahaan, maupun dengan perusahaan untuk terus memacu tumbuhnya pengusaha UMKM.

”Pada bulan Juli lalu kita mendapatkan penghargaan Satyalencana dari presiden. Penghargaan itu dalam bidang pembangunan dan UMKM. Ini harus kita tingkatkan terus,” ujar Bupati Huda.

Menurutnya, UMKM ini juga perlu ditingkatkan untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) pada akhir tahun 2015 mendatang. Pasalnya, UMKM paling tahan banting dalam menghadapi berbagai keadaan.

”Kita harus mencetak interpener-interpener baru, bukan mencetak pekerja,” tandasnya.

Meski Tuban ini industrinya juga terus berkembang dan semakin bertambah, namun, dari sisi ketahanan pangan Tuban njuga surplus. Dengan banyaknya industri, luas lahan pertanian semakin berkurang, baik untuk pendirian pabrik maupun lahan perumahan. Namun, hal itu tidak menyurutkan langkah Pemkab Tuban untuk terus memacu kemajuan di bidang pertanian.

“Alhmadulillah, meski lahan pertanian berkurang, tapi, hasil pertanian malah meningkat. Karena lahan yang semula hanya bisa panen sekali setahun, kini bisa panen tiga kali setahun. Ini juga berkat sumbangsih industri yang membantu pengadaan irigasi pertanian,” imbuh Bupati Huda.(duc)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban