Pemdes Wajib Tingkatkan SDM

image
Dirjen PDMKD Kemendes, Taufiq Majid

kotatuban.com – Pemkab Tuban akan terus berupaya meningkatkan sumber saya pemerintahan desa (Pemdes), utamanya terkait pengelolaan keuangan desa. Sebab, saat ini dana yang digelontorkan ke desa jumlahnya tidak sedikit.

“Pemdes harus memiliki kemampuan yang cukup untuk membelanjakan dana desa dan pertanghungjawabannya. Sehingga tidak.menimbulkan masalah,” terang Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas) Tuban, Mahmudi, Rabu (20/04).

Hal itu ditegaskan Mahmudi menanggapi himbauan Direktor Jenderal Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Taufik Masjid, di Tuban belum lama.ini.

Saat ini Pemerintahan Desa (Pemdes) wajib meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM)nya. Dengan diberlakukannya Undang-undang nomor 06 tahun 2014 tentang desa, desa memiliki wewenang yang cukup besar dalam melakukan pembangunan.

”Peran desa saat ini sangat krusial sekali, sehingga mau tidak mau baik kepala desa, maupun perangkat desa harus meningkatkan SDMnya. Supaya Pemdes dapat meningkatkan kualitas maupun kapasitas,” ungkap Taufik.

Menurutnya, untuk meningkatkan SDM perangkat desa, Kemendes akan melaksanakan berbagai program. Seperti pelatihan-pelatihan maupun workshop bagi perangkat desa. Sehingga, dengan berbagai pelatihan tersebut perangkat desa dapat memajukan desanya.

”Jargon kita saat ini kan “Desa Membangun Indonesia” maka kita harus memajukan dulu desa-desa jika menginginkan Indonesia maju. Sehingga, pemerintah mengucurkan dana yang akan dikelola desa dengan jumlah yang tidak sedikit,” ungkapnya.

Lebih lanjut Tafik mengatakan, saat ini ada banyak dana yang turun di desa. Antaranya Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD), Dana Bagi Hasil (DBH), dan Pendapatan Asli Desa (PA Desa). Dengan sumber dana tersebut rata-rata perdesa pertahun mendapatkan dana Rp 1,1- 1,4 miliar.

”Dengan dana sebesar itu, dan desa memiliki kebijakan penuh terkait penggunanya dana tersebut. Maka dari itu Pemdes harus bisa mengelola dana itu dan mempertanggungjawabkan penggunaannya,” pungkas Taufik. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban