Dinkes Siagakan Empat Puskesmas Daerah Banjir

kotatuban.com – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) KabupatenTuban, Saiful Hadi intruksikan empat Puskesmas di daerah banjir, meliputi Kecamatan Soko, Rengel, Plumpang dan Widang siaga penuh. Intruksi kepada Puskesmas itu untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada warga korban banjir luapan sungai Bengawan Solo.

 
“Kita sudah mengantisipasi dan mengitruksikan Puskesmas di daerah bencana agar siaga memberikan pelayanan kesehatan kepada warga korban banjir,” tegas Saiful saat ditemui di lokasi banjir Kecamatan Rengel, Sabtu (03/12).
 
Sejumlah petugas itu selain siaga di Puskesmas masing-masing, juga ditempatkan di posko-posko pengungsian untuk memastikan seluruh pengungsi dalam kondisi sehat dan tanpa keluhan kesehatan.
 
“Saat banjir seperti ini paling banyak adalah gatal akibat kutu air. Di Kecamatan Rengel sementara ini potensi gatal ada di Desa Ngadirejo, dan Karangtinoto, kita akan cek nanti,” terang Saiful.
 
Lebih lanjut, selain gatal akibat kutu air, yang pentinguntuk diwaspadai adalah masalah kesehatan pasca banjir, karena setelah air surut akan meninggalkan lumpur dan sampah yang sebelumnya terbawa air.
 
“Pasca banjir ini yang paling diwaspadai, karena beragam penyakit bisa muncul, salah satuya diare. Kami intruksikan Puskesmas stok obat untuk antisipasi pasca banjir nanti,” pungkas Saiful.
 
Sementara itu, petugas kesehatan di Posko Kecamatan Rengel, Suminar mengatakan, gangguan kesehatan yang paling banyak dikeluhkan warga adalah gatal dan kutu air. Posko dipengungsian ini juga sudah menyediakan stok obat untuk warga yang tinggal di pengungsian.  
 
“Sementara ini memang gatal paling banyak, ada beberapa tadi juga diare, “ katanya. (kim)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.