Pemkab Bakal Permudah Perizinan Kilang Tuban

TPPI di Tuban
TPPI di Tuban.doc

kotatuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban akan mempermudah urusan rencana pembangunan Kilang Tuban milik PT Pertamina. Rencanya Kilang Minyak Tuban itu dibangun di PT Trans Pasivic Petrocemical Indotama (TPPI) di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

“Kami justru akan mendorong agar rencana itu direalisasi di sini, jangan sampai nanti ada urusan yang membuat sulit sehingga harus dipindah di daerah lain,” ujar Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein, saat dikonfirmasi terkait lahan yang belum selesai disiapkan untuk pembangunan lahan Kilang Tuban, Jumat (05/08).

Dikabarkan, Kilang Tuban yang akan dibangun menggunakan lahan seluas kurang lebih 400 hektar, sebagian lahannya dikuasai Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Di lahan terswebut oleh Pemprov Jatim juga diproyeksikan untuk pelabuhan umum .

“InsyaAllah tanah itu sudah clear, kita akan tetap perjuangkan. Sebab, jika tidak selesai ada potensi proyek kilang dipindah di tempat lain. Makanya kami dorong agar dibangun di Tuban. Karena itu sangat besar manfaatnya bagi pemerintah daerah maupun warga Tuban,” terang Wabup Noor Nahar.

Sesuai peraturan Persiden Nomor 3 tahun 2016, tentang percepatan pelaksanaan proyek nasional, lahan itu harus digunakan untuk membangun industri pengolahan minyak. Sehingga rencana lain yang diproyeksikan di sana harus dipindahan untuk kelancaran proyek utama.

“Dulu milik linglugan hidup, sesuai petunjuk persiden tanah itu untuk kilang, makanya Pemda akan mendorong dan membantu mempermudah mulai perijinan dan lainnya bila perlu,” imbuhnya.  (kim)

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.