Pemkab Masih Tunggu Kordinasi Lanjutan Rencana Kilang Tuban

Sekda Tuban, Budi Wiyana
Sekda Tuban, Budi Wiyana

kootatuban.com-Rencana pembangunan kilang minyak, milik Pertamina di lokasi TPPI Jenu Kabupaten Tuban masih dalam kajian oleh PT Pertamina dengan Resnoft sekalu pemegang tender pembangunan kilang di Tuban.

Sekertaris Daerah Kabupaten Tuban, Budi Wiyana saat dkonfirmasi mengatakan, jika sampai hari ini, soal keterlibatan pemerintah daerah dalam rencana pembangunan kilang Tuban sebatas koordinasi awal.

“Perlu kami sampaikan, jika sekarang ini untuk kilang masih ranahnya Resnoft sama Pertamina. Saat ini, sejauh yang kami tahu masih melakukan kajian lokasi, kajian rencana teknis dan kajian pembiayaan,” kata Budi Wiyana, Sabtu (25/06)

Budi menjelaskan, pemerintah Kabupaten Tuban baru akan terlibat dalam rencana tersebut setelah proyek pembangunan kilang Tuban memasuki tahap perijinan. Karena ini industri khusus hanya ijin penempatan lokasi, namun, demikian secara kelayakan dan tata ruang lokasi sudah memenuhi syarat.

“Jadi tinggal kami tuggu saja kordinasi lanjutanya,” sambung Budi.

Unuk pembangunan kilang minyak di Tuban tersebut, Pertamina akan mengunakan lahan kurang lebih seluas 400 hektar. Lahan tersebut berada di kawasan Desa Wadung dan Desa Mentoso, Kecamatan Jenu. Lahan dibibir panta tersebut sebagian besar adalah milik pemeritah pusat dan sebagian merupakan lahan milik PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI), di Desa Remen yang sahamnya saat ini sudah dimiliki Pertamina.

“Lha yang sudah pasti ada 329 ha ditambah 60 hektar disekitar TPPI, kalau kebutuhan total sekitar 400 hektar,” terang Budi Wiyana.

Untuk memenuhi kebutuhan lahan hingga 400 hektar tersebut masih dalam kajian pihak Pertamina. Selain itu juga dimungkinkan Pertamina akan melakukan reklamasi pantai untuk memenuhi kebutuhan lahan. (kim)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.