Sekdes Dituntut Profesional Dalam Pengarsipan

Bintek kearsipan bagi Sekdes
Bintek kearsipan bagi Sekdes

kotatuban.com – Sekretaris Desa (Sekdes) dituntut untuk memahami permasalahan yang mendasar dalam bidang pengarsipan. Sehingga, Sekdes harus benar-benar mampu dalam mengatur, merawat, dan menyimpan arsip desa. Dan jika arsip tersebut dibutuhkan Sekdes bisa cepat dan tepat dalam menyiapkannya.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tuban, Heri Sisworo, saat membuka Bimbingan Teknis Kearsipan kepada Sekdes Se-Kabupaten Tuban, Selasa (10/06) di Gedung Korpri.

Menurutnya, Sekdes mempunyai peran penting di masyarakat. Sebagai abdi masyarakat Sekdes mempunyai tugas ganda, disamping harus melaksanakan tugas administrasi pemerintahan, Sekdes juga harus bertanggungjawab terhadap pemberian pelayanan prima kepada masyarakat.

”Sekdes merupakan jabatan yang penuh tantangan karena dalam melaksanakan tugasnya diperlukan kemampuan administratif dan juga sikap yang arif serta bijaksana, karena senantiasa berhubungan langsung dengan masyarakat desa, sehingga kebersamaan dan juga kerjasama yang baik dengan kepala desa serta perangkat desa lainnya harus senantiasa dilakukan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Sekda mengatakan, bimbingan teknis ini penting dan strategis dalam rangka meningkatkan kemampuan aparatur, dengan pengelolaan arsip yang baik maka akan sangat mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan pemerintah di desa.

”Pada kegiatan ini Sekdes akan diberikan pemahaman tentang penataan kearsipan harus sesuai dengan kaidah – kaidah kearsipan yang baik. Sehingga arsip tersebut mudah cara menyimpannya dan mudah pula mencarinya apabila diperlukan,” tandasnya.

Menurutnya, melalui pelaksanaan Bimtek ini, Sekdes dapat berfungsi sebagai salah satu upaya untuk membenahi dan menata pengelolaan arsip di desa. Sehingga, Sekdes bisa bersama – sama dengan Perangkat desa lain agar segera membenahi arsip – arsip desa. ”Karena arsip adalah hal penting dan sangat krusial dalam pelaksanaan administrasi desa,” pungkasnya. (duc)

 

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.