Setahun, Pengurus FART Baru Dilantik

kotatuban.com  Meski sudah dibentuk setahun lalu, namun, pelantikan Forum Anak Ronggolawe Tuban (FART) baru dilakukan, Selasa (11/2). Pelantikan dilakukan oleh Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein di  Gedung KORPRI, kompleks Pendapa Krida Manunggal Tuban.

Wabup Noor Nahar saqat melantik FART
Wabup Noor Nahar saqat melantik FART

FART terbentuk pada  11 Februari 2013 lalu berdasarkan SK Bupati Tuban nomor: 188.45/113/KPTS/414.012/2013. Beranggotakan perwakilan dari pelajar yang berasal dari sejumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat yang ada di Kabupaten Tuban.

Pembina FART, Imanul Isthofiana dari Koalisi Perempuan Ronggolawe (KPR) Tuban, ketika dikonfirmasi mengatakan, kalau FART merupakan salah satu prasyarat menjadikan Kabupaten Tuban sebagai Kota Layak Anak (KLA). Seharusnya pelantikan sudah bisa dilaksanakan jauh hari sebelumnya.

“Forum anak merupakan salah satu prasyarat menjadikan Tuban sebagai Kota Layak Anak (KLA),” jelas Imanul, kepada Suarabanyuurip.com.

Sementara pelantikan yang tergolong telat ini akibat belum adanya anggaran untuk melaksanakan acara ini. Sehingga FART terpaksa menggunakan dana sharing supaya pelantikan segera bisa dilaksanakan dan tidak berlarut-larut. Karena pada tahun 2014 inipun, belum ada anggaran yang dikeluarkan Pemkab Tuban.

“Kalau tidak menggunakan dana sharing, ya sampai tahun depan sepertinya tidak akan bisa dilantik,” jelas perempuan berkaca mata ini menjelaskan.

Ketua FART, Muhammad Sultan Reza Palevi, sempat menyayangkan Pemkab Tuban yang tidak kunjung melakukan pelantikan terhadap kepengurusannya. Padahal forum ini sudah terbentuk sejak satu tahun lalu berdasarkan SK Bupati. Bahkan mereka sudah beberapa kali mengikuti kegiatan-kegiatan atau forum yang diadakan di sejumlah daerah di Provinsi Jawa Timur.

“Kadang juga merasa malu karena kerap ditanya kapan dilantik Pemkab ketika mengikuti acara antar daerah. Padahal FART sudah terbentuk satu tahun lalu,” jelas pelajar asal SMP Negeri 1 Tuban ini.

Menurut Sultan, demikian dia akrab disapa, FART merupakan wadah bagi anak di Tuban  untuk mengembangkan kreatifitas anak secara aktif dalam pengetahuan di bidang partisipasi anak. Termasuk wadah bagi pengembangan nasionalisme, patriotisme, dan nilai luhur budaya bangsa dan agama.

Sedangkan Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, membenarkan kalau Pemkab Tuban belum bisa mencairkan anggaran untuk forum ini pada tahun 2014. Hal ini dikarenakan masih ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi supaya bisa dianggarkan.

“Tahun ini belum, tapi tahun depan sudah bisa kami anggarkan,” jelas Noor Nahar.

Noor Nahar berharap, adanya forum ini bisa mengembangkan kreatifitas anak tidak hanya ditingkat kabupaten dan provinsi, tapi juga ke tingkat nasional dan internasional. (ros)

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.