Tuban Belum Miliki Data Spesifikasi Naker

kotatuban.com – Pemerintah Kabupaten Tuban belum memiliki data spesifikasi tenaga kerja lokal sesuai bidang keahlian, utamanya untuk menghadapi invests besar kilang Tuban, sekaligus rencana pembangunan pelabuhan oleh pemerintah Jawa Timur dalam beberapa tahun ke depan.

“Kita ini belum memliki data spesifikasi tenaga lokal untuk menghadapi proyek besar pemerintah pusat dan Jawa Timur, yakni Kilang Minyak di Jenu dan Pelabuhan oleh pemprov jatim.” ujar Kepala Subid Industri Perdagangan, Bapeda Tuban, Suwanto, Rabu (16/11).

Dia menjelaskan, data spesefikasi keahlian tenaga kerja sangat penting dimiliki daerah untuk mempermudah dalam menyalurkan tenaga kerja, sehingga, nakaer asal Tuban akan jelas posisinya.

“Ini peting, agar investor yang akan menanamkan modal ke Tuban sudah memiliki gambaran soal SDM yang nanti akan mendukung perusahaannya,” jelas Suwanto.

Suwanto mengakui, jika ketersediaan tenaga kerja dengan spesifikasi khusus masih menjdi kendala bagi Kabupaten Tuban. Catatan akhir 2015 jumlah pegangguran di Tuban sebanyak 3,6 persen dari 569.1585  angkatan kerja.

“Setiap investasi perusahaan menyediakan setidaknya 50 kesempatan kerja, ini akan menjadi sia-sia jika tenaga local tidak terserap,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi, KabupatenTuban, Nurjanah, membenarkan jika sampai hari ini belum ada data khusus spesifikasi sesuai bidang  keahlian tenaga kerja. Bahkan pihaknya juga belum dapat memastikan kapan akan melakukan pendataan hingga ke arah itu. (kim)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.