Pemkab Diminta Evaluasi Sistem Investasi

image
Politisi Partai Demokrat, Cancoko

kotatuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban harus mengevaluasi sistem investasi yang ada di Kabupaten Tuban. Sehingga, perusahaan yang  melakukan investasi di Bumi Wali ini harus menguntungkan dan bermanfaat bagi masyarakat Tuban.

Hal tersebut diungkapkan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban Cancoko kepada kotatuban.com, Kamis (21/01).

Menurut anggota dewan dari Komisi B tersebut saat ini banyak perusahaan yang berdiri di Kabupaten Tuban. Namun, belum memberikan dampak apa-apa bagi masyarakat Tuban.

”Contohnya, Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Awar-awar di Kecamatan Jenu. Perusahaan itu selama ini memanfaatkan air laut untuk kebutuhannya. Dan mengubah air laut menjadi air tawar itu membutuhkan biaya yang cukup mahal,” terang, Cancoko.

Alangkah baiknya, lanjut Cancoko, kebutuhan air PLTU tersebut diambilkan dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Sehingga, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tersebut dapat meningkatkan pendapatannya dengan bekerjasama dengan perusahaan yang ada di Tuban.

”Jika semua BUMD yang ada di Tuban dapat bekerja sama dengan perusahaan yang berinvestasi di Tuban, paling tidak ada manfaatnya bagi Tuban. Karena selama ini ada perusahaan yang berdiri di Tuban, tapi tidak dapat memberikan kontribusi apapun bagi Tuban,” ungkap politisi Partai Demokrat itu. 

Sehingga, ke depan jika ada investor akan menanamkan modalnya di Tuban harus ada perjanjian atau ikatan kontrak yang jelas. Tidak hanya tenaga kerjanya saja yang harus mengutamakan warga Tuban. Tapi, juga pekerjaan yang bisa dipegang BUMD, juga harus dikerjakan perusahaan daerah.

”Dengan begini, saya yakin perusahaan-perusahaan yang ada di Tuban dapat memberikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang besar. Dan multipleyer efeknya perusahaan tersebut berdiri di Tuban ada,” pungkasnya. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban