Pemkab Gelontorkan Rp9,4 M untuk Pilkades Serentak

kotatuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban menyiapkan anggaran sebesar Rp 9,4 miliar untuk menyambut Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan digelar pada 10 Juli 2019 mendatang. Anggaran yang bersumber dari APBD Tuban tahun anggaran 2019 tersebut bakal digunakan Pilkades di 274 desa yang tersebar di 20 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban.

“Anggaran yang kita siapkan dari APBD Tuban sekitar Rp 9,4 miliar untuk Pilkades serentak,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, dan KB (Dispemas-KB) Kabupaten Tuban, Mahmudi, Selasa (26/2).

Menurutnya, sesuai regulasi anggaran Pilkades serentak itu bersumber dari dana APBD dan APBDes. Besaran anggaran untuk pelaksanaan Pilkades itu disesuaikan dengan luas wilayah jumlah penduduk di masing-masing desa.

“Berapa besaran anggaran APBDes untuk pelaksanaan Pilkades serentak disesuaikan dengan kemampuan masing-masing desa yang telah disepakati antara Pemdes dengan BPD,” tambah Mahmudi.

Menurutnya, sesuai regulasi dana dari APBDes diperbolehkan untuk kegiatan rapat, sosialisasi, dan konsumsi panitia ketika proses pelaksanaan Pilkades. Sedangkan dana yang bersumber dari APBD Tuban, ia mengatakan untuk digunakan pengadaan Alat Tulis Kantor (ATK), surat suara, kotak suara, dan honor panitia.

“Pendaftaran calon kepala desa gratis tidak ada biaya,” beber Mahmudi.

Lebih lanjut, Mahmudi mengungkapkan saat ini tahapannya telah selesai pembentukan panitia Pilkades serentak. Setelah itu dilanjutkan dengan penyusunan biaya pelaksanaan Pilkades di masing-masing desa.

“Panitia Pilkades dimasing-masing desa sudah selesai semua,” pungkasnya. (rto)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban