Pemkab Salurkan 9 Sapi dan 53 Kambing Kurban

Petugasa saat sidak di tempat pengumpulan hewan kurban
Petugasa saat sidak di tempat pengumpulan hewan kurban

kotatuban.com-Pemerintah Kabupaten Tubuan musim Idul Adha (lebaran haji) tahun ini mampu mengumpulkan 9 ekor sapi dan 53 ekor kambing. Sapi dan kambing untuk kurban itu berasal dari Bupati Tuban, sejumlah perusahaan besar di Tuban, serta pejabat eselon tiga maupun jajaran Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) Tuban lainnya.

Adapun rincian hewan kurban tersebut adalah, 1 ekor sapi dari Bupati Tuban, 6 ekor sapi pejabat eselon 3, dan 53 ekor kambing dari jajaran Satuan kerja pemerintah daerah serta 1 ekor sapi urunan tujuh kepala dinas. Selanjutnya dari perusahaan yakni Semen Indonesia 1 ekor sapi, dan semen Holcim 1 ekor sapi.

“Ada yang dari perusahaan ada juga yag dari pejabat pemerintah serta Bupati Tuban,” ujar Kabag Kesra Pemkab Tuban Amenan, saat dikonfirmasi, Sabtu (4/10).

Dia menjelaskan, seluruh hewan kurban telah dikumpulkan sejak satu minggu sebelum pelaksanaan Idul Adha,  yang berada di Kelurahan Sidorejo, Tuban. Di tempat penampungan hewan kurban baik sapi maupun kambing diperiksa rutin kesehatanya oleh Petugas Kesehatan Hewan, Dinaas Pertanian dan Peternakan (Dispertan), untuk memastikan tidak ada penyakit sebelum dipotong.

“Dikumpulkan sejak sepekan lalu di tempat penampungan, serta diperiksa kesehatanya,” terang Amenan.

Selanjutnya, dikatakan Amenan, hewan kurban yang terkumpul tersebut, kemudian disalurkan ke sejumlah masjid dan mushola di Kabupaaten Tuban, untuk disembelih dan diberikan kepada warga yang membutuhkan.

“Selanjutnya kambing itu kami distribusikan ke masjid dam mushola di Tuban, yang dimulai pagi tadi,” katanya. (kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban